Pengembangan Aplikasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Bahasa Isyarat dan Oral bagi Tunarungu

Yurike Oktavia Pratiwi(1), Arisul Mahdi(2), Safaruddin Safaruddin(3), Retno Triswandari(4), Intan Suri Ditria(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


Pengetahuan  mengenal huruf hijaiyah merupakan kebutuhan bagi setiap individu yang beragama islam termasuk anak berkebuhan khusus, salah satunya yaitu anak dengan hambatan pendengaran atau disebut dengan anak tunarungu. Hambatan pendengaran pada anak tunarungu mengakibatkan anak tunarungu kesulitan dalam memahami berbagai pengetahuan termasuk mengenal huruf hijaiyah. Oleh karena itu,  pengembangan desain aplikasi pengenalan huruf hijaiyah berbasis isyarat dan oral bagi anak tunarungu bertujuan untuk mempermudah anak tunarungu dalam mengenal dan memahami huruf hijaiyah. Pengembangan aplikasi huruf hijaiyah berbasis isyarat dan oral bagi anak tunarungu ini mengguanakan metode Research and Development dengan memodifikasi aplikasi huruf hijaiyah sebelumnya. Sehingga aplikasi hasil aplikasi ini dapat digunakan anak tunarungu dalam mengenal huruf hijaiyah. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk anak berkebutuhan lainnya dikarenakan terdapat fitur-fitur tulisan awas, dan tulisan arab hijaiyah serta audio pelafalannya yang dapat membantu memahami pengenalan huruf hijaiyah.

Keywords


Anak tunarungu, Huruf hijaiyah, Bahasa Isyarat bagi Anak Tunarungu

References


Azadi, F., Adu-Gyamfi, Y., Sun, C., & Edara, P. (2020). Mobile Application Development and Testing for Work Zone Activity Real-Time Data Collection. Transportation Research Record, 2674(6), 351–362.

Efendi, H., & Latifatul Inayati, N. (2020). Metode Pengajaran Tahfidz Al-Qur’an Pada Anak Tunarungu Di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Yayasan Asuhan Anak Tuna Surakarta. ISEEDU, 4(1), 136–152.

Gumulya, D., & Ho, F. (2019). Penelitian perancangan sarana bantu belajar bahasa untuk anak tunarungu dengan pendekatan participatory design. Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancangan Produk), 3(6), 197–206. https://doi.org/10.24821/productum.v3i6.2265

Gunawan, A. A. S., & Salim, A. (2013). Pembelajaran Bahasa Isyarat Dengan Kinect Dan Metode Dynamic Time Warping. Jurnal Mat Stat Universitas Binus, 13(2), 77–84.

Huda, N. (2019). Aplikasi Bahasa Isyarat Pengenalan Huruf Hijaiyah Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Rungu. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 8(1), 1–6.

Kodriyah, L. (2019). Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Menggunakan Metode Iqra’ Pada Anak Usia Dini Di RA Diponegoro Kertanegar Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga. 2–6.

Rahmah, F. N. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Quality, 6(1), 1.

Sayidah, R. R., Hurri, I., & Siwiyanti, L. (2021). Media Game Edukasi Berupa Aplikasi Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 142–154.

Setiadi, A., Yuliatmojo, P., & Nurhidayat, D. (2018). Pengembangan aplikasi Android untuk pembelajaran pneumatik. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika (JVoTE), 1(1), 1–5.

Supriyaddin, S., Imansyah, M. N., & Meilani, L. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Tingkatan Sekolah Dasar Menggunakan Macromedia Flash. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 1–7.


Article Metrics

 Abstract Views : 234 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.