Efektivitas Media Balok Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Puluhan bagi Anak Attention Deficit Hyperactivy Disorder

Putri Alvyenti(1), Arisul Mahdi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan dari penelitian ini, untuk membuktikan media balok angka efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan bulat puluhan bagi peserta didik Attention Deficit Hyperactivy Disorder (ADHD). Bentuk penelitian yang dilaksanakan yaitu eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subject Research) menggunakan desain A-B-A. Bentuk data yang dikumpulkan yaitu skor persentase dan dianalisis menggunakan analisis visual grafik. Hasil pengumpulan data dari 14 pengamatan pada tiga fase yaitu baseline (A1) diperoleh data stabil 0% dan mendatar (=). Fase intervensi (B) diperoleh data stabil 100% dan meningkat (+).  Fase baseline (A2) diperoleh data stabil 90% dan meningkat (+). Hasil data menunjukkan bahwa media balok angka efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan bulat puluhan bagi anak ADHD kelas III SD.

Keywords


ADHD; balok angka; Bilangan Bulat

References


Ananda, Y., & Damri. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Papan Bilangan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Cendekia, 05(2), 1138–1146.

Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar : Kajian Hipotetik. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 7(4), 100–111.

Arisandi, S. (2019). DESKRIPSI KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN. Repository UPI.

Cahyasari, A. (2016). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivy Disorder (ADHD). Skripsi.

Damri. (2019). Panduan Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Menengah Pertama. Cv. Irdh.

Depdiknas. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Departemen Pendidikan Nasional.

Lusma, M. A., & Mahdi, A. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika Bagi Anak Diskalkulia di SD Inklusif Se-Kecamatan Pauh Kota Padang. Skripsi.

Mahdi, A., Yusuf, R., & Efrina, E. (2018). Numbered Head Together untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan Anak Diskalkulia di Kelas Inklusif. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(33–38), 2.

Marlina. (2021). Single subject research: Penelitian subjek tunggal. Raja Grafindo Persada.

Marlina, & Grahita Kusumastuti. (2019). Strategi Penanganan Anak ADHD. PRENADAMEDIA.

Nadhiroh, D. R. (2022). Implementasi Media Balok Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Ana di RA Kusuma Mulia XVII Bunut. Skripsi.

Priyatna, A. (2013). Not A Little Monster. Elex Media Komputindo.

Putri, A. Y., & Dewi, S. (2020). Stimulasi Kemampuan mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Matematika Montessori. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 488–498.

Setiawati, A., & Damri. (2020). Efektivitas Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Deret Ke Bawah pada Siswa Diskalkulia (Single Subject Research kelas III di SD Negeri 27 Batang Anai). Skripsi.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. ALFABETA.


Article Metrics

 Abstract Views : 534 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 273 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.