Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana pada Anak Tunagrahita dengan Menggunakan Media Digital

Dini Zatalini(1), Iga Setia Utami(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa tunagrahita dalam menulis kalimat sederhana dengan menggunakan media pembelajaran digital. Adapun permasalahan yang menyebabkan siswa tunagrahita belum mampu untuk menulis kalimat sederhana adalah dikarenakan penggunaan metode pembelajaran sebelumnya. Sehingga pada penelitian ini, peneliti menggunakan media digital sebagai media pembelajaran dalam menulis kalimat sederhana. Adapun penelitian yang dilakukan adalah berupa penelitian tindakan kelas dengan siswa tunagrahita kelas lima di SLB N 2 kota Jambi sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya diadakan sebanyak empat kali pertemuan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa media digital mampu memberikan hasil pembelajaran yang cukup signifikan terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menulis kalimat sederhana. Hal ini diketahui dari hasil observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan yang telah dilakukan

Keywords


Children with mental retardation, Media digital, Simple sentences

References


Adam A. (2019). Penggunan Media You Tube Berseri dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa di Sekolah Dasar.

Konfiks; Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, Hal 45-53, Vol. 6 No.2.

Alimin, Zaenal. (2005). Pengembangan Program Pembelajaran Individual Bagi Anak Tunagrahita. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Alwi H, et al. (2003). Tata Bahasa Buku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Andayani, M. (2019). Pengaruh Media Kartu Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak

kanak Kartika Fajar Baru Lampung Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Andriana, E. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana dengan Huruf Tegak Bersambung dengan

Menggunakan Teknik Individual Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN 025 Pulau Kecamatan

Bangkinang Seberang. Skripsi. Fakultas Tarbiah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Pekanbaru.

Arief S Sadiman. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arifa, I. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Siswa Tunagrahita di Kelas 5 SD Gunungdani, Pengasih Kulon Progo.

Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, et al. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, N, dkk (2015). Pengaruh Terapi Bermain SCL (Snake, Cards, And Ladders) Terhadap Ketermpilan Mencuci

Tangan Anak Kelas I Dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember. E-JURNAL Pustaka Kesehatan,Vol. 3 No.2.

Tahun 2015

Dwijayanti D A. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Buku POP-UP

Pada Anak Tunagrahita Kategori Ringan Kelas IV di SLB Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta. Universitas

Negeri Yogyakarta.

Saputra, F S P. (2021). Meningkatkan Pembelajaran Mengenai Jenis-Jeis Pekerjaan Melalui Metode Bermain Peran Bagi

Siswa Tunarungu Kelas VII. Universitas Negeri Padang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

Widodo. (2020). Psikologi Belajar, Cet Ke-3. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijaya, A. (2013). Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita. Imperium; Yogyakarta.

Whardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Universitas Terbuka.

Yunianti G A, et al. (2019). The Influence of Using Animal Card Media on the Abality of Mild Mental Reterdation to

Write Simple Sentence. Journal of ICSAR ISSN: 2548-8619 Vol.3(2); 74-77.


Article Metrics

 Abstract Views : 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.