Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Balok Huruf untuk Anak Tunagrahita Ringan

Richa tirmiara(1), Fatmawati Fatmawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1182250.64

Abstract


Penelitian ini diangkat dari permasalahan yang ditemukan pada anak tunagrahita ringan kelas VI dengan hambatan belum mampu membaca permulaan. Mengingat pentingnya kemampuan dan keterampilan membaca dalam kehidupan manusia peneliti merasa perlu untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak. Sesuai dengan karakteristik anak tunagrahita ringan perlu menggunakan media yang bersifat kongkret dalam pembelajaran maka dari itu diperlukan media yang mampu merangsang anak untuk belajar. Peneliti menggunakan media balok huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita ringan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Singgle Subjek Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian yaitu satu orang anak tunagrahita ringan kelas VI yang masil mengalami kesulita dalam kegiatan membaca permulaan khususnya dengan pola KV-KVK. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan tiga tahap selama 13 kali pertemuan diperoleh data Baseline (A1) dengan hasil 20 %, 20 %, 30 %, 30 %. Pada kondisi pemberian Intervensi (B) dengan hasil data 50 %, 60 %,60 %, 70 %, 70 %. Tahap setelah diberikan intervensi atau treatment dengan hasil 70 %, 80 %, 80%, 80%. Berdasarkan dari hasil analisi data yang dilakukandiperoleh bahwa kemampuan membaca permulaan dengan pola KV-KVK dapat meningkat dengan menggunakan media balok huruf.

 


Keywords


membaca permulaan, media balok huruf.

References


Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Ganda, S. (2009). Anak berkebutuhan khusus. (E. Tim, Ed.). Padang: 2009.

Jafar, K. (2020). Penerapan Media Permainan Balok Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca permulaan Pada Anak Usia Dini Kelompok B KB Puncak Mewatang Kecamatan Bungin Kabupaten Enrengkang AL-ATHFAL: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 31–50.

Prahmana, R. C. I. (n.d.). Buku Referensi-Single Subject Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Single Subject Research (Teori Dan Implementasinya: Suatu Pengantar).

Winardi, A. (2016). Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri Analisis Penerapan Metode. Ekonomi Akuntansi, 01(08), 1–13.


Article Metrics

 Abstract Views : 270 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.