Efektivitas Penggunaan Keyboard Braille Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Dokumen Di Microsoft Word Bagi Siswa Tunanetra Di SMK 7 Padang

Arona Islamiati(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : 

Abstract


Penenelitian ini membahas efektivitas keyboard Braille dalam meningkatkan kemampuan membuat dokumen di microsoft word bagi siswa tunanetra. Penelitian ini dilakukan  di SMK N 7 Padang. Terlihat saat peneliti melakukan pengamatan dan identifikasi kepada siswa tunanetra menemukan dua orang siswa yang berinisial ET dan RF mengalami kesulitan dalam kegiatan membuat, mengatur dan menyimpan dokumen. karena keyboard pada laptop  menggunakan huruf awas, serta siswa  tidak menguasai teknik mengetik 10 jari.  Penelitan ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. A1 merupakan kondisi awal siswa sebelum diberikan intervensi, B merupakan intervensi, serta A2 merupakan kondisi setelah tidak lagi diberikan intervensi. Subjek EY memiliki mean level pada kondisi A1 yaitu 16,5, mean level kondisis B 73,5, mean level  kondisi fase A2 yaitu 98,75. Sedangkan Subjek RF memiliki mean level pada kondisi A1 yaitu 12,5, mean level kondisis B 62,5, mean level  kondisi fase A2 yaitu 97,75. Pada subjek berinisial EY dan RF hasil analisis data dalam kondisi sama-sama menunjukan peningkatan kemampuan membuat dokumen di microsoft word secara positif. Overlap data kedua subjek pada analisis antar kondisi, pada baseline (A1) dan intervensi (B) adalah 0% overlap data pada kondisi baseline (A2) dan (B) intervensi adalah 50%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menunjukan bahwa keyboard braille efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membua dokumen di microsoft word bagi siswa tunanetra kelas XI di SMK N 7 Padang.

 


Keywords


Microsoft Word, Keyboard Braille, Siswa Tunanetra

References


Abdillah, F. D. (2013). Penggunaan Modul sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran TIK pada Materi Microsoft Word Kelas V SDN Sarikarya. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika, 2(1), 20.

Iswari, M. (2003). Motivasi Orang Tua anak cacat menyekolahkan anaknya kesekolah biasa.

Rizha, R., & Taufan, J. (2022). Pengembangan Keyboard Braille untuk Mengenal Posisi Tombol pada Laptop bagi Tunanetra. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10 (2).

Safaruddin. Yunus, Markis. Efrina, E. (2013). Pengaruh Program Jaws Terhadap Kemampuan Mengetik Pada Tunanetra Di Psbn Tuah Sakato Padang. Pendidikan Khusus, 2(September), 408–418.

Sumekar, G. (2009). anak berkebuthan khusus: cara membantu mereka agar berhasil dalam pendidikan iklusif. padang: UNP PRESS.

Wijaya, H., Efendi, J., & Sopandi, A. A. (2018). Efektivitas Program Non Visual Dekstop Access ( NVDA ) dalam Meningkatkan Kemampuan Membuat Dokumen Di Microsoft Word Bagi Anak Tunanetra Kelas Lanjutan, 2, 59–63.


Article Metrics

 Abstract Views : 162 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.