Efektivitas Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Bilangan Cacah bagi Siswa Diskalkulia

Agmi Almanawara(1), Fatmawati Fatmawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini menguji keefektivan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) sebagai intervensi untuk mengukur apakah ada peningkatan pemahaman konsep penjumlahan bilangan cacah siswa diskalkulia. Rendahnya pemahaman konsep penjumlahan bilangan cacah siswa diskalkulia membuat siswa kesulitan mengerjakan soal penjumlahan bilangan cacah khususnya penjumlahan satuan dengan satuan. Metodologi penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian ini Single Subject Research (SSR) menggunakan desain A-B-A, peneliti menggunakan teknik analisis visual grafik untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada pemahaman konsep penjumlahan bilangan cacah dengan mendapatkan skor di atas rata-rata ketuntasan, arah positif dengan mean level kondisi A1 (23,35) sedangkan kondisi intervensi dan kondisi A2 lebih tinggi dibanding kondisi A1 yaitu mean level intervensi (79,15) dan mean level A2 (98,325). Kesimpulan dari perolehan data bahwa penggunaan pendekatan CRA efektif bagi siswa diskalkulia dalam meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan bilangan cacah.

Keywords


Diskalkulia, Pendekatan CRA, Bilangan Cacah, Pemahaman Konsep Penjumlahan.

References


al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Jakarta : Prenada Media.

American Psychiatric Association. (2015). Diagnostic And Statistical Manual Of Mental Disorders, Fifth Edition (Issue August).

Flores, M. M., Hinton, V. M., & Burton, M. E. (2016). Teaching Problem Solving To Students Receiving Tiered Interventions Using The Concrete- Representational-Abstract Sequence And Schema- Based Instruction. Https://Doi.Org/10.1080/1045988x.2016.1164117

Jalali, Z., & Ikram, W. (2017). Pendekatan Concrete Pictorial Abstract ( Cpa ) Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, April, 652.

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen Dan Penanggulangannya. Ghalia Indonesia.

Mutiani, R., & Suyadi. (2020). Diagnosa Diskalkulia Generasi Alpha: Masalah Dan Perkembangannya. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 104–112.

Padri, M., Zulmiyetri, & Irdamurni, I. (2013). Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Melalui Media Kalender Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(September), 350–361.

Putri, A. W., & Damri, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Neraca Bilangan. 04(02), 1164–1170.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Mes: Journal Of Matematics Education And Science2, 2(1), 58–67.

Swanson, H. L., & Hoskyn, M. (2017). Experimental Intervention Research On Students With Specific Poor Comprehension: A Systematic Review Of Treatment Outcomes. Reading And Writing, 30(4), 917–943. Https://Doi.Org/10.1007/S11145-016-9697-X

Wirdamaini, S., Fatmawati, & Kasiyati. (2013). Efektifitas Penggunaan Media Cubaritme Untuk Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmu Pendidikan Khusus. 1(1), 149–163.


Article Metrics

 Abstract Views : 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.