Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Bagi Anak Kesulitan Belajar Melalui Metode Phonic Di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Padang
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektif atau tidaknya metode phonic dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf alphabet (g, h, I, j, k, l, n, p, q, r,s, t, u, v, w, x, y, z) bagi anak berkesulitan belajar kelas IV di SDN 15 Ulu Gadut Padang. penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis visual grafik. Hasil analisis data dari 18 kali pengamatan dalam 3 kondisi yaitu pada baseline (A1) memperoleh hasil 43%, 47%, 47%, 47%. Pada intervensi (B) memperoleh hasil 56%, 64%, 74%, 80%, 82%, 84%, 92%, 100%, 100%, 100%. Terakhir pada baseline (A2) memperoleh hasil 100%, 100%, 100%, 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf alfabet meningkat setelah menggunakan metode phonic pada anak berkesulitan belajar di SDN 15 Ulu Gadut Padang.
Keywords
References
Asri, M. (2013). Pengaruh Pemberian Terapi Musik Klasik Terhadap Kemampuan Berbahasa Pada Anak Autis Di Taman Pelatihan Harapan Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Bella Oktadiana. (2019). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Iswari, M. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang, 5, 156–162.
Ngamkiatkhajorn, K., & Kanoksilapatham, B. (2018). Implementing Phonics in Elementary Education: An Effective Way to Gain Early English Lite. International Journal of Learning and Teaching, 4(4), 345–349. https://doi.org/10.18178/ijlt.4.4.345-349
Sari, Y. K. (n.d.). Permulaan Anak Kelompok a, 1–5.
Stacey Campbell. (2020). Teaching phonics without teaching phonics: Early childhood teachers’ reported beliefs and practices. Journal of Early Childhood Literacy, 20(4), 783–814. https://doi.org/10.1177/1468798418791001
Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2006). Penelitian dengan subjek tunggal. Bandung: UPI Pres.
Westhisi, S. M. (2019). Metode Fonik Dalam Pembelajaran. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1), 23–37.
Article Metrics
Abstract Views : 425 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 569 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.