The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektif atau tidaknya metode phonic dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf alphabet (g, h, I, j, k, l, n, p, q, r,s, t, u, v, w, x, y, z) bagi anak berkesulitan belajar kelas IV di SDN 15 Ulu Gadut Padang. penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis visual grafik. Hasil analisis data dari 18 kali pengamatan dalam 3 kondisi yaitu pada baseline (A1) memperoleh hasil 43%, 47%, 47%, 47%. Pada intervensi (B) memperoleh hasil 56%, 64%, 74%, 80%, 82%, 84%, 92%, 100%, 100%, 100%. Terakhir pada baseline (A2) memperoleh hasil 100%, 100%, 100%, 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf alfabet meningkat setelah menggunakan metode phonic pada anak berkesulitan belajar di SDN 15 Ulu Gadut Padang.


Keywords


Anak Berkesulitan Belajar, Metode Phonic