Pengembangan Media Brajiyah (Braille Hijaiyah) untuk Mengenalkan Konsep Huruf Hijaiyah pada Anak Tunanetra

Shintia Andrisani(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : Id

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan media pembelajaran huruf Arab braille untuk peserta didik tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan media Brajiyah (Braille Hijaiyah) (2) validasi dari para ahli mengenai pengembangan media pembelajaran Brajiyah (Braille Hijaiyah) (3) uji praktikalitas media Brajiyah (Braille Hijaiyah). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3 langkah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Brajiyah (Braille Hijaiyah) berangkat dari adanya masalah yang dilanjutkan dengan melakukan need assessment untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran yang dibutuhkan peserta didik tunanetra (totally blind). Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, ide pengembangan media ditulis kedalam sebuah rumusan (rancangan) produk yang jelas. Termasuk pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Kemudian rancangan yang bersifat konseptual yang direalisasikan menjadi produk yang siap untuk diimplementasikan pada situasi nyata berdasarkan validasi ahli dengan melakukan Focus Group Discution (FGD)dan uji praktikalitas untuk memperoleh masukan yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam merevisi model untuk menghasilkan media yang sesuai dengan sesuai dengan peserta didik.

 Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media Brajiyah (Braille Hijaiyah) dikategorikan Sangat Layak dengan skor 89%. Data ini sejalan dengan hasil uji kepraktisan media Brajiyah (Braille Hijaiyah) dengan perolehan skor respon siswa sebesar 97% dan perolehan skor respon guru dengan skor 93% pada kategori Sangat Praktis. Artinya media pembelajaran Brajiyah (Braille Hijaiyah) mendapat respon positif dari siswa dan guru sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Brajiyah (Braille Hijaiyah) layak dan praktis sehingga dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran bagi siswa tunanetra.

Keywords


Media pembelajaran, huruf hijaiyah, kode braille, tunanetra

References


A’ yun, N. Q. dan I. R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Si Pontar Berbasis Aplikasi Android Materi KPK dan FPB Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD, 06, 47–56.

Elyas, A. M., Muhamad, M. S., & Mufid, S. A. (2011). Pendidikan Agama Islam 3. Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

Hidayat, & Nugraha, A. (2015). Perancangan Perangkat Elektronik Media Pembelajaran Iqra Dalam Kode Braille. 5(2), 65–71.

Indriastuti, F. (2015). Efektifitas Media Pembelajaran Audio Melalui Cerita Pendidikan Berkarakter Untuk Tunanetra Jenjang Smp. Media Cerdiktera, 1, 1–15.

Latifah, D. (2013). Gaya Belajar Siswa Tunanetra Kelas X Dalam Pembelajaran Piano Di Smalb Pajajaran Bandung Learning Style Of Student With Visual Impairment On Piano Lesson At Class 10 Smalb Negeri Pajajaran Bandung. 1(3).

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.

Purwaningsih, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bangun Ruang Melalui Media Benda Konkrit Pada Siswa Tunanetra Kelas Iv Di Sdlb-A/D Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek. Vol. 2 No., 38–48.

Susanti, R. A. (2016). Modul Guru Pembelajar Slb Tunanetra Kelompok Kompetensi B. 39–42.

Sunanto, J. (2005). Potensi Anak Berkelainan Penglihatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Yani Meimulyani dan Caryoto. 2013. Media Pembelajaran Adaptif bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Zulaichah, S. (2012). Pengembangan Media Benda Konkret Untuk Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Cacah Kelas 1 SD. Malang: Skripsi Universitas Negeri Malang, 2012.


Article Metrics

 Abstract Views : 649 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 183 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.