The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan media pembelajaran huruf Arab braille untuk peserta didik tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan media Brajiyah (Braille Hijaiyah) (2) validasi dari para ahli mengenai pengembangan media pembelajaran Brajiyah (Braille Hijaiyah) (3) uji praktikalitas media Brajiyah (Braille Hijaiyah). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3 langkah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Brajiyah (Braille Hijaiyah) berangkat dari adanya masalah yang dilanjutkan dengan melakukan need assessment untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran yang dibutuhkan peserta didik tunanetra (totally blind). Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, ide pengembangan media ditulis kedalam sebuah rumusan (rancangan) produk yang jelas. Termasuk pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Kemudian rancangan yang bersifat konseptual yang direalisasikan menjadi produk yang siap untuk diimplementasikan pada situasi nyata berdasarkan validasi ahli dengan melakukan Focus Group Discution (FGD)dan uji praktikalitas untuk memperoleh masukan yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam merevisi model untuk menghasilkan media yang sesuai dengan sesuai dengan peserta didik.

 Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media Brajiyah (Braille Hijaiyah) dikategorikan Sangat Layak dengan skor 89%. Data ini sejalan dengan hasil uji kepraktisan media Brajiyah (Braille Hijaiyah) dengan perolehan skor respon siswa sebesar 97% dan perolehan skor respon guru dengan skor 93% pada kategori Sangat Praktis. Artinya media pembelajaran Brajiyah (Braille Hijaiyah) mendapat respon positif dari siswa dan guru sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Brajiyah (Braille Hijaiyah) layak dan praktis sehingga dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran bagi siswa tunanetra.

Keywords


Media pembelajaran, huruf hijaiyah, kode braille, tunanetra