Peningkatan Keterampilan Membuat Hiasan Cangkang Kerang Melalui Model Discovery Learning Untuk Anak Tunarungu

Mastayani Tumangger(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini membahas tentang upaya peningkatan keterampilan pada anak tunarungu dengan diberikannya perlakuannya model pembelajaran discovery learning yang didasari dari permasalahan anak tunarungu kelas VII yang belum mampu membuat keterampilan hiasan cangkang kerang. Dimana keterampilan berguna bagi anak tunarungu ketika selesai menempuh pendidikan. Penelitian tindakan kelas menjadi metode yang tepat pada penelitian ini. Data yang dibutuhkan dalam peningkatan keterampilan hiasan cangkang kerang diperoleh dari adanya observasi, tes dan dokumentasi. Tindakan dilaksanakan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus memiliki tahap perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Pelaksanaan tindakan siklus I anak tunarungu mendapat hasil GP 64,28%, FM 58,92% dan LT 48,21%, dan siklus II mendapat hasil GP 92,85%, FM 91,07% dan LT 85,71%. Hasil yang didapatkan setelah diberikan tindakan terjadi peningkatan pada anak tunarungu kelas VII dalam membuat hiasan cangkang kerang di SLB Negeri Salak Sumut.

Keywords


Hiasan cangkang kerang; discovery learning; tunarungu

References


Almaidah dkk (2019). penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berfikir tingkat tinggi. Vol 7 (2) maret

karlina wong lieung (2019). Pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berfikir kritis siswa sekolah dasar. Vol 1(2) april

Mushowir, Ahmad. 2010. Aneka Pemanfaatan Hasil Laut. Yogyakarta: Mitra Utama

Lestari, W. I., & Nurhastuti, N. (2018). Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Mahar Pernikahan dari Uang Kertas Pada Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 206–213.

Irma basri yulia dkk(2020). Pemanfaatan cangkang kerang dalam rangka peningkatan jiwa kewirausahaan siswa. Vol 1(1)

Solicha, I. (2019). Interaksi Sosial Anak Tunarungu dalam Sekolah Umum di TK Syafina Sidotopo Wetan Surabaya. Child Education Journal, 1(2), 78–87. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1340

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Asri Sawiji dan Rizqi Abdi (2017) pemetaan pemanfaatan limbah kerang dengan pendekatan masyarakat berbasis aset. Vol 3(1)

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

 Abstract Views : 181 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.