Abstract
Penelitian ini membahas tentang upaya peningkatan keterampilan pada anak tunarungu dengan diberikannya perlakuannya model pembelajaran discovery learning yang didasari dari permasalahan anak tunarungu kelas VII yang belum mampu membuat keterampilan hiasan cangkang kerang. Dimana keterampilan berguna bagi anak tunarungu ketika selesai menempuh pendidikan. Penelitian tindakan kelas menjadi metode yang tepat pada penelitian ini. Data yang dibutuhkan dalam peningkatan keterampilan hiasan cangkang kerang diperoleh dari adanya observasi, tes dan dokumentasi. Tindakan dilaksanakan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus memiliki tahap perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Pelaksanaan tindakan siklus I anak tunarungu mendapat hasil GP 64,28%, FM 58,92% dan LT 48,21%, dan siklus II mendapat hasil GP 92,85%, FM 91,07% dan LT 85,71%. Hasil yang didapatkan setelah diberikan tindakan terjadi peningkatan pada anak tunarungu kelas VII dalam membuat hiasan cangkang kerang di SLB Negeri Salak Sumut.
Keywords
Hiasan cangkang kerang; discovery learning; tunarungu