Pola Asuh Orang Tua Disabilitas Tunanetra dan Implementasinya Terhadap Pembentukkan Karakter Anak Awas

Andre Pratama(1), Armaini Armaini(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskribsikan tentang bagaimana pola asuh orang tua disabilitas tunanetra dalam membentuk karakter anak awas. Penelitian ini menggunakan metode deskribtif kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di rumah orang tua disabilitas tunanetra di Rimbo Data RT.03/RW.01, Kelurahan Bandar Buat, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Subjek penelitian orang tua disabilitas tunanetra dan informan lain. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Karakter religius dibentuk dengan melaksanakan sholat dan mengaji. Karakter tanggungjawab dengan meletakkkan kembali barang-barang setelah digunakan. Karakter disiplin dengan membiasakan anak melaksanakan sholat tepat waktu. Karakter mandiri dengan membiasakan anak untuk melakukan kegiatan sehari-hari sendiri. Karakter jujur dengan membiasakan anak untuk berkata apa adanya. Karakter hormat dan santun anak tidak boleh membantah perkataan dan berbicara dengan nada yang keras kepada orang tua. Karakter kasih sayang dengan tidak memenuhi semua keinginan anak. Karakter peduli terhadap sesama dengan membantu orang lain, terhadap lingkungan tidak membuang sampah sembarangan. Karakter kerjasama dengan membiasakan anak membantu orang tua. Karakter percaya diri dengan tidak malu dengan keadaan orang tua. Karakter kreatif dengan memfasilitasi kegemaran anak dalam hal mewarnai. Karakter kerja keras dengan membiasakan anak untuk menyelesaikan tugas hingga selesai. Karakter baik dan rendah hati tidak boleh memamerkan barang yang dimiliki kepada orang lain. Karakter toleransi dan cinta damai tidak membeda-bedakan teman dan bemain dengan akur.

Keywords


Disabilitas Tunanetra, Pembentukkan Karakter, Anak Awas

References


Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7, 33–48.

Anggi Loren Temo, M. (2019). Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Sedang di SLB N 02 Padang. Jurnal Islamic Early Childhood Education, 4(2), 165–174.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika Pendidikan Dasar, 8, 50–58. doi:10.23943/9781400889877

Hasanah, U. (2016). Pola Asuh Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Elementary, 2(1), 72–82.

Indriastuti, F. (2015). Efektifitas Media Pembelajaran Audio Melalui Cerita Pendidikan Berkarakter Untuk Tunanetra Jenjang SMP. Media Cerdiktera, (1), 1–15.

Lestari, B. (2006). Upaya Orang Tua Dalam Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3, 17–24.

Muslima. (2015). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak. International Journal of Child and Gender Studies, 1(1), 85–98.

Nenci Permata Sari. 2016. Peran Orang Tua Dalam Pembentukkan Karakter Anak Di Kota Padang: Studi Kasus AI di Kelurahan Jati Baru Kecamatan Padang Timur. Padang: STKIP PGRI SUMBAR

Rika Sa’diyah. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Jurnal Kordinat, 16, 31–46.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Wahyudi, D., & Arsana, I. M. (2014). Peran Keluarga Dalam Membina Sopan Santun Anak Di Desa Galis Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(2), 290–304. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/6706/3477


Article Metrics

 Abstract Views : 727 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.