Permasalahan Dalam Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Sri Ninda Amanda Putri(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19 bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Linggo Sari Baganti. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang di jabarkan dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di SLB negeri 1 Linggo Sari Baganti menggunakan dua sistem belajar yaitu belajar secara daring/luring dan tatap muka. Permasalahan yang terjadi pada sistem belajar tatap muka yaitu banyaknya siswa yang tidak hadir ke sekolah, lamanya waktu yang butuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan adanya permasalahan lain mengenai prinsip belajar anak berkebutuhan khusus karena adanya pandemi Covid-19. Sedangkan sistem belajar secara darin/luring terjadi permasalahan seperti banyaknya siswa yang tidak memiliki Handphone, sulitnya guru untuk membagi waktu antara mengajar di sekolah dengan melakukan kunjungan ke rumah siswa, kemudian jauhnya jarak tempuh yang harus dilalui guru untuk melakukan kunjungan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan banyaknya permasalahan yang terjadi baik dalam sistem belajar tatap muka maupun secara darin/luring.

Keywords


Permasalahan Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus, Covid-19

References


Hariyanto, S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remasa Yosdakarya.

Illahi, M. (2013). Pendidikan Inklusi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nugroho, Dary & Risma. (2017). Gaya Hidup Yang Mempengaruhi Kesehatan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri SALATIGA. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2 (2), 102-117.

Prastowo dan Andi. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Yusuf, A, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.


Article Metrics

 Abstract Views : 1657 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 624 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.