Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Mahar Melalui Analisis Tugas bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 1 Lubuk Basung

Elni Rahmadani(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan guru yang mengajar tentang keterampilan vokasional yang belum maksimal dalam memberikan pembelajaran tentang membuat kotak mahar khususnya kotak cincin. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi bersama guru kelas IX. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya terdapat peningkatan kemampuan anak dalam membuat kotak mahar. Kondisi awal anak MS 40%. Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu 75% dan siklus II meningkat menjadi 92%. Pada anak PY kondisi awalnya yaitu 37% dan pada siklus I terjadi peningkatan 73% dan siklus II menjadi 90%. Sementara pada anak MP kondisi awalnya 40%. Pada siklus I menigkat menjadi 73% dan siklus II terjadi peningkatan menjadi 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode analisis tugas dapat meningakatkan keterampilan membuat kotak mahar bagi  anak tunagrahita ringan kelas IX di SLB Negeri 1 Lubuk Basung. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam keterampilan membuat kotak mahar menggunakan metode analisis tugas.

Keywords


Analisis tugas, Tunagrahita ringan, Kotak Mahar

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Istarani. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Medan : Media Persada.

Marlina, M. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus: Pendekatan Psikoedukasional Edisi Revisi. Padang :UNP Press.

Sumekar, G. (2009). Anak berkebutuhan khusus : Cara membantu mereka agar berhasil dalam pendidikan inklusif. Padang : Universitas Negeri Padang Press (UNP Press).

Wijaya, K., & Dedi, D. (2009). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Indeks.


Article Metrics

 Abstract Views : 246 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.