The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan guru yang mengajar tentang keterampilan vokasional yang belum maksimal dalam memberikan pembelajaran tentang membuat kotak mahar khususnya kotak cincin. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi bersama guru kelas IX. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya terdapat peningkatan kemampuan anak dalam membuat kotak mahar. Kondisi awal anak MS 40%. Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu 75% dan siklus II meningkat menjadi 92%. Pada anak PY kondisi awalnya yaitu 37% dan pada siklus I terjadi peningkatan 73% dan siklus II menjadi 90%. Sementara pada anak MP kondisi awalnya 40%. Pada siklus I menigkat menjadi 73% dan siklus II terjadi peningkatan menjadi 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode analisis tugas dapat meningakatkan keterampilan membuat kotak mahar bagiĀ  anak tunagrahita ringan kelas IX di SLB Negeri 1 Lubuk Basung. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam keterampilan membuat kotak mahar menggunakan metode analisis tugas.

Keywords


Analisis tugas, Tunagrahita ringan, Kotak Mahar