Meningkatkan Keterampilan Merangkai Bunga Melalui video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas X di SLB Al - Azhar Bukittinggi

Ella Prisca Ramadanty(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


Pada penelitian ini, membahas tentang permasalahan yang ditemukan di SLB Al-Azhar Bukittinggi, peneliti menemukan seorang peserta didik tunagrahita ringan kelas X yang mengalami kesulitan dalam merangkai bunga dimana anak pada saat merangkai bunga tidak suka didesak karena anak mudah stress akhirnya keringat dan nangis. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ini bertujuan untuk membuktikan video tutorial dapat meningkatkan keterampilan merangkai bunga bagi anak tunagrahita ringan di SLB Al-Azhar Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Target behavior pada penelitian ini adalah keterampilan merangkai bunga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video tutorial dapat meningkatkan keterampilan merangkai bunga. hasil dari lima pertemuan pada kondisi baseline (A1) adalah 47%, 52%, 62%, 62%, dan 62%. Pada kondisi intervensi (B) selama tujuh kali pertemuan didapati hasil 62%, 71%, 86%, 71%, 66%, 66%, 66%, sedangkan kondisi baseline (A2) selama empat kali pertemuan mendapatkan hasil 67%, 57%, 62%, 62%, dan 62%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa video tutorial telah dapat meningkatkan keterampilan merangkai bunga, namun perlu pengembangan dalam penelitian lanjutan dalam permasalahan ini pada konteks dan isu yang berbeda.


Keywords


Tunagrahita Ringan; Video tutorial; Keterampilan Merangkai Bunga

References


Aqib, Z. (2011). Model-Model, Media dan Strategi Kontekstual (Inovatif). Yrama widya.

Desrianti, D. I., Rahardja, U., & Mulyani, R. (2012). Audio Visual As One Of The Teaching Resources On Ilearning. CCIT Jurnal, Vol 5(Vol 5, No 2), 124144.

Efendi, J. dkk. (2019). Pemberdayaan Tunagrahita Ringan Sebagai Tenaga Kerja Penjaga Kantin. Jurnal Pendidikan Khusus, Vol 3(Vol 3 No 1).

Noveria, L. (2015). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menghias Sandal Melalui Media Video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Khusus.

Prabawa, N. Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Membuat Clay Menggunakan Bahan Tepung bagi Siswa Tunarungu Kelas II B Negeri 2 Bantul.

Pratiwi, R. P. dkk. (2013). Kiat Sukses Mengasuh ABK. Ar-Ruzz Media.

Rikarno, R. (2018). Pemanfaatan Handpone Android Sebagai Media Produksi Video Tutorial Pembelajaran Seni. Melayu Arts and Performance Journal, Vol 1(Vol 1, No 1), 7387.

Sari, D. M., & Siagian, S. (2013). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pangkas Rambut Lanjutan Berbasis Komputer Program Studi Tata Rias Rambut. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 6(Vol 6, No 1).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sumanto. (2006). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak SD. Departemen Pendidikan Nasional.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. UNP PRESS.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif: Konsep Dasar & Praktinya. PT Raja Grafindo Persada.

Wahyudi, L. (2013). Panduan Merangkai Bunga. PT Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

 Abstract Views : 329 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.