The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Pada penelitian ini, membahas tentang permasalahan yang ditemukan di SLB Al-Azhar Bukittinggi, peneliti menemukan seorang peserta didik tunagrahita ringan kelas X yang mengalami kesulitan dalam merangkai bunga dimana anak pada saat merangkai bunga tidak suka didesak karena anak mudah stress akhirnya keringat dan nangis. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ini bertujuan untuk membuktikan video tutorial dapat meningkatkan keterampilan merangkai bunga bagi anak tunagrahita ringan di SLB Al-Azhar Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Target behavior pada penelitian ini adalah keterampilan merangkai bunga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video tutorial dapat meningkatkan keterampilan merangkai bunga. hasil dari lima pertemuan pada kondisi baseline (A1) adalah 47%, 52%, 62%, 62%, dan 62%. Pada kondisi intervensi (B) selama tujuh kali pertemuan didapati hasil 62%, 71%, 86%, 71%, 66%, 66%, 66%, sedangkan kondisi baseline (A2) selama empat kali pertemuan mendapatkan hasil 67%, 57%, 62%, 62%, dan 62%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa video tutorial telah dapat meningkatkan keterampilan merangkai bunga, namun perlu pengembangan dalam penelitian lanjutan dalam permasalahan ini pada konteks dan isu yang berbeda.


Keywords


Tunagrahita Ringan; Video tutorial; Keterampilan Merangkai Bunga