Efektivitas Video Tutorial Dalam Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Bantalan Jarum Bagi Anak Tunagrahita Ringan

Noveria Nela Wulanda(1), Armaini Armaini(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1118580.64

Full Text:    Language : en

Abstract


This study discusses the ability to make souvenir needle pads for children with mild disabilities. This research is an experimental research that aims to prove the video tutorial media is effectively used in making souvenir needle pads in children with grade XI disabilities at SLB YPPLB Padang. This research is in the form of Pre experimental design with type one group pretest-posttets. Data collection techniques in the form of pretest and Posttest action tests. This research was conducted once pretest,five times treatment using video tutorial and posttest once, then the data was processed using Wilcoxon sign rank test. the results of the study obtained an average pretest of 46.20 and posttest of 92.20, a rank test value between prestest and posttest of 2,041 with Ashm Sig. (2-tailed) 0.041. predetermined probability α = 0.05. The alternative hypothesis is accepted because the probability (0.041) < of a predetermined probability is 0.05. So it is proven that the use of video tutorials is effectively used in vocational skills making souvenir needle pads for lightly deaf children. it is expected that teachers can use video tutorials in vocational skills learning.

 Penelitian ini membahas tentang kemampuan membuat souvenir bantalan jarum bagi anak tunagrahita ringan. penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membuktikan media video tutorial efektif digunakan dalam membuat souvenir bantalan jarum pada anak tunagrahita kelas XI di SLB YPPLB Padang. peneilitian ini berbentuk Pre eksperiment design dengan jenis one group pretest-posttets. Teknik pengumpulan data berbentuk tes perbuatan pretest dan Posttest.penelitian ini dilakukan satu kali pretest, lima kali treatment menggunakan video tutorial dan posttest satu kali, kemudian data diolah menggunakan uji Wilcoxon sign rank test. hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest 46,20 dan posttest 92,20, nilai rank test antara prestest dan posttest 2,041 dengan Asym Sig. (2-tailed) 0,041. probabilitas yang telah ditetapkan α = 0,05. Hipotesis alternative diterima karena probabilitas (0,041) < dari probabilitas yang telah ditetapkan 0,05. Jadi terbukti bahwa penggunaan video tutorial efektif digunakan dalam keterampilann vokasional membuat souvenir bantalan jarum bagi anak tunagrahita ringan. diharapkan agar guru dapat menggunakan video tutorial dalam pembelajaran keterampilan vokasional.


Keywords


Souvenir Bantalan Jarum, Video Tutorial, Anak Tunagrahita Ringan

References


Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aulia, C. R., & Marlina, M. (2019). Efektivitas Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Snack Bouquet Pada Anak Tunarungu. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), 1045–1051.

Ismadi, & Iswahyudi. (2013). Perancangan Souvenir Berbahan Kulit Berciri Khas Universitas Negeri Yogyakarta Souvenir Design Based on Skin Typicaled of.

Iswara, W., Gunawan, A., & Dalifa, D. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Muatan Lokal Mengenal Potensi Bengkulu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal PGSD, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.1.1-7

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Jakni. (2016). Metedologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Juharti. (2019). Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Terhadap Otivasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 4 Pangkep. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Lestari, W. I. dan, & Nurhastuti. (2018). Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Mahar Pernikahan dari Uang Kertas Pada Anak Tunarungu Widya Indah Lestari 1 , Nurhastuti 2. E-JUPEKhu E-JUPEKhu, 6, 206–213. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/102525/101024

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Putri, L. Y. (2019). Efektivitas Media Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Ikan Asin Bagi Anak Tunarungu (Pre Experimental Design di SLB YPPC Painan). Universitas Negeri Padang.

Rochjadi, H. (2016). Modul Guru Pembelajaran SLB Tunagrahita Kelompok Kompetensi. PusatPengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulandara, S. (2018). Efektivitas Shaping-Token Economy dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Tunagrahita Ringan. 6, 150–155.

Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di Smk. Taman Vokasi, 6(1), 68. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839

Yosiani, N. (2014). Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang Belajar Sekolah Luar Biasa. Jurnal, 1(2), 111–124.

Yuliani, T., & Armaini. (2019). Media Video Animasi dalam Pendidikan Seks Anak dengan Hambatan Kecerdasan Ringan. Juppekhu, 7, 41–46.


Article Metrics

 Abstract Views : 345 times
 PDF Downloaded : 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.