Efektivitas Strategi Mastery Learning dalam Pembelajaran Ketereampilan Membuat Tempat Gelas Aqua dari Barang Bekas bagi Anak Tunarungu Kelas XI di SLBN Kota Sungai Penuh

Mona Dewi(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1116080.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLBN Kota Sungai Penuh kelas XI. Dimana peneliti mengambil keterampilan dari barang bekas ini dikarenakan di sekitar sekolah banyak terdapat warung-warung yang bisa menghasilkan limbah plastik dan di sekitar lingkungan sekolah juga banyak terdapat limbah plastik yang bisa di daur ulang. Di lingkungan warga sekitar yang memiliki tempat pembuangan sampah bisa juga ditemukan limbah plastik. Selain itu kita bisa menemukan limbah plastik di tempat penampungan atau pengepul sampah-sampah plastik yang siap untuk didaur ulang. Dari masalah tersebut penulis tertarik memberikan keterampilan membuat tempat gelas aqua dari barang bekas. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektivitas strategi mastery learning dalam pembelajaran keterampilan membuat tempat gelas aqua dari barang bekas kelas XI pada anak tunarungu di SLBN Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk pre-Eksperimental dengan jenis design one group pretest-posttest design. Hasil proses kerja dari kelima siswa dalam pembelajaran keterampilan membuat tempat gelas aqua dari barang bekas. Setelah diolah serta dibandingkan menggunakan data yang diolah dengan uji Wilcoxon Sign Rank tes diperoleh nilai rata-rata pada saat pretest yaitu 15,20 sedangkan nilai posttest didapatkan hasil menjadi 31,60. Data diolah menggunkan uji Wilcoxon diperoleh nilai Thitung= 9. Pada tabel uji Wilcoxon, nilai kritis pada taraf kesalahan (α) 0,05 dan n= 5, didapat Ttabel = 0 maka Thitung = 9 > Ttabel = 0, oleh karena itu hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Dari hasil pengolahan data dimaknai bahwa strategi mastery learning efektif dalam pembelajaran keterampilan membuat tempat gelas aqua dari barang bekas.

Keywords


Strategi mastery learning, gelas aqua, tunarungu

References


Ahmadi, I. K., Amri, S., & Elisah, T. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Fatmawati, Nurhastuti, Y. H. (2018). Wirausaha Pembuatan Kue Kering Untuk Meningkatkan Keterampilan Hidup Anak Tunarungu. JUPPEKhu, 612.

Fitriawan rakhmad. (2016). Peningkatran Keterampilan Vokasional melalui pelatihan cetakan sablon kaos bagi anak tnarungu kelas XII di SLB Bakti Putra Ngawis. Jurnal Widia 0rtodidaktika, Volume 5(No 9).

Hadi, M. F., Darwin, R., Widiarsih, D., Hidayat, M., Murialti, N., & Asnawi, M. (2017). Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Yang Produktivitas Jiwa Entrepreneur Ibu Rumah. Pengabdian Untuk Mu Neegri, 2(1).

irdamurni. (2018). memahami anak berkebutuhan khusus. Jawa Barat: Goresan pena.


Article Metrics

 Abstract Views : 161 times
 PDF Downloaded : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.