The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLBN Kota Sungai Penuh kelas XI. Dimana peneliti mengambil keterampilan dari barang bekas ini dikarenakan di sekitar sekolah banyak terdapat warung-warung yang bisa menghasilkan limbah plastik dan di sekitar lingkungan sekolah juga banyak terdapat limbah plastik yang bisa di daur ulang. Di lingkungan warga sekitar yang memiliki tempat pembuangan sampah bisa juga ditemukan limbah plastik. Selain itu kita bisa menemukan limbah plastik di tempat penampungan atau pengepul sampah-sampah plastik yang siap untuk didaur ulang. Dari masalah tersebut penulis tertarik memberikan keterampilan membuat tempat gelas aqua dari barang bekas. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektivitas strategi mastery learning dalam pembelajaran keterampilan membuat tempat gelas aqua dari barang bekas kelas XI pada anak tunarungu di SLBN Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk pre-Eksperimental dengan jenis design one group pretest-posttest design. Hasil proses kerja dari kelima siswa dalam pembelajaran keterampilan membuat tempat gelas aqua dari barang bekas. Setelah diolah serta dibandingkan menggunakan data yang diolah dengan uji Wilcoxon Sign Rank tes diperoleh nilai rata-rata pada saat pretest yaitu 15,20 sedangkan nilai posttest didapatkan hasil menjadi 31,60. Data diolah menggunkan uji Wilcoxon diperoleh nilai Thitung= 9. Pada tabel uji Wilcoxon, nilai kritis pada taraf kesalahan (α) 0,05 dan n= 5, didapat Ttabel = 0 maka Thitung = 9 > Ttabel = 0, oleh karena itu hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Dari hasil pengolahan data dimaknai bahwa strategi mastery learning efektif dalam pembelajaran keterampilan membuat tempat gelas aqua dari barang bekas.

Keywords


Strategi mastery learning, gelas aqua, tunarungu