Meningkatkan Keterampilan Berhitung Penjumlahan Menggunakan Media Gelas Bilangan Bagi Anak Diskalkulia

Disa Mela(1), Armaini Armaini(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1116070.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan dilapangan yaitu pada seorang anak diskalkulia kelas III yang mengalami kesulitan dalam berhitung penjumlahan deret kebawah dengan teknik menyimpan. Oleh karenanya peneliti berupaya meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan  melalui media gelas bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan pada anak diskalkulia kelas III di SD N 01 Pauh Padang. Penelitian berjenis Single Subject Research (SSR) mengunakan desain A-B-A. Dimana kondisi A ialah baseline yaitu situasi awal keterampilan anak menjawab soal penjumlahan deret ke bawah dengan teknik menyimpan sebelum diberi perlakuan. Kondisi B yaitu situasi intervensi yakni anak diberi perlakuan media gelas bilangan. Selanjutnya kondisi A2 ialah situasi awal sesudah intervensi tidak lagi diberikan. Hasil penelitian ini terlihat bahwa keterampilan berhitung penjumlahan anak diskalkulia kelas III SD N 01 Pauh Padang meningkat sesudah diberi intervensi melalui media gelas bilangan. Pada kondisi baseline (A1) anak memperoleh skor 0%, kondisi intervensi (B) anak memperoleh skor tertinggi yaitu 100%, sedangkan pada kondisi baseline (A2) anak juga memperoleh skor yaitu 100%. Dengan demikian terbukti bahwa media gelas bilangan dapat meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan pada anak diskalkulia di SD N 01 Pauh Padang.

Keywords


Media Gelas Bilangan, Keterampilan Penjumlahan, Diskalkulia

References


Daftar Rujukan

Arnidha, Y. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Ssoal OperasiHitung Bilangan Cacah. Jurnal E-DuMath, 1(1), 52–63.

Jamaris, M. (2009). kesulitan belajar perspektif, asesmen dan penanggulangannya. jakarta: yayasan penamas murni.

Kasmawati, & Irdamurni. (2018). Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Anak Diskalkulia. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6, 256–261. Retrieved from https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/281

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Marfuah, S. (2019). peningkatan kemampuan penjumlahan bilangan dalam pembelajaran matematika menggunakan media block dienes bagi anak autis kelas III di SLB Islam Qothrunnada. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1063–1070.

Pratiwi, E. (2015). Kecerdasan Mental Anak. “Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan,” (November). Retrieved from http://semnas.fkip.umpo.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/033-Ema-Pratiwi.pdf

Sunanto, J. (2005). pengantar penelitian dengan subyek tunggal. universitas tsukuba.

Yovelia, N., & Efendi, J. (2019). meningkatkan hasil belajar operasi pengurangan deret ke bawah anak diskalkulia menggunakan media gelas bilangan. Journal of Multydicsiplinary Research and Development, 2(1).


Article Metrics

 Abstract Views : 883 times
 PDF Downloaded : 523 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.