The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan dilapangan yaitu pada seorang anak diskalkulia kelas III yang mengalami kesulitan dalam berhitung penjumlahan deret kebawah dengan teknik menyimpan. Oleh karenanya peneliti berupaya meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan  melalui media gelas bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan pada anak diskalkulia kelas III di SD N 01 Pauh Padang. Penelitian berjenis Single Subject Research (SSR) mengunakan desain A-B-A. Dimana kondisi A ialah baseline yaitu situasi awal keterampilan anak menjawab soal penjumlahan deret ke bawah dengan teknik menyimpan sebelum diberi perlakuan. Kondisi B yaitu situasi intervensi yakni anak diberi perlakuan media gelas bilangan. Selanjutnya kondisi A2 ialah situasi awal sesudah intervensi tidak lagi diberikan. Hasil penelitian ini terlihat bahwa keterampilan berhitung penjumlahan anak diskalkulia kelas III SD N 01 Pauh Padang meningkat sesudah diberi intervensi melalui media gelas bilangan. Pada kondisi baseline (A1) anak memperoleh skor 0%, kondisi intervensi (B) anak memperoleh skor tertinggi yaitu 100%, sedangkan pada kondisi baseline (A2) anak juga memperoleh skor yaitu 100%. Dengan demikian terbukti bahwa media gelas bilangan dapat meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan pada anak diskalkulia di SD N 01 Pauh Padang.

Keywords


Media Gelas Bilangan, Keterampilan Penjumlahan, Diskalkulia