Efektivitas Penggunaan Teknik Token Economy untuk Mengurangi Prilaku Agresif pada Tunagrahita Ringan dI SLB Lumin Alisa Padang

Rani Zastia Putri(1), Martias Z(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1116040.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini membahas tentang efektivitas penggunaan teknik token economy untuk mengurangi perilaku agresif pada tunagrahita ringan di SLB Lumin Alisa Padang. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita ringan kelas VI SD yang bersekolah di SLB Lumin Alisa Padang. Penelitian ini menggunakan metode SSR (Single Subject Research) dan jenis penelitian eksperimen dengan desain A-B-A. Pada desain A-B-A terdapat tiga kondisi yaitu kondisi baseline (A1), kondisi intervensi (B), dan kondisi baseline (A2). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan asesmen. Alat pengumpulan data yaitu menggunakan frekuensi yang artinya peneliti menghitung berapa kali perilaku target muncul dalam kurun waktu 30 menit. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis visual grafik. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa perilaku mengganggu teman pada anak menurun setelah diberikan intervensi dengan menggunakan teknik token economy. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik token economy mampu mengurangi perilaku agresif pada anak tunagrahita ringan.

Keywords


Prilaku agresif, anak tunagrahita ringan, token economy

References


Daftar Rujukan

Alavi, S. Z., Savoji, A. P., & Amin, F. (2013). The Effect of Social Skills Training on Aggression of Mild Mentally Retarded Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 84, 1166–1170. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.720

Corey, G. (2013). Teori dan praktek konseling dan psikoterapi. Refika Aditama.

Fahrudin, A. (2012). Teknik ekonomi token dalam pengubahan perilaku klien (Token economy technique in the modification of client behavior). Jurnal Informasi, 17(3), 139–143.

Islamic, J. O. F. (2017). Hubungan permainan video games (playstation) dengan perilaku agresif anak dan remaja di area terminal kabupaten bulukumba. 2, 20–29.

Jennifer R. Ledford, D. L. G. (2018). Single case research methodology: Applications in special education and behavioral sciences. Routledge.

Kasiyati, & Kusumastuti, G. (2019). PERSPEKTIF PENDIDIKAN ANAK TUNAGRAHITA. SUKABINA Press.

Marlina. (2015). Asesmen anak berkebutuhan khusus (Revisi). UNP Perss.

Satria, R. A., Nurdin, A. E., & Bachtiar, H. (2015). Artikel Penelitian Hubungan Kecanduan Bermain Video Games Kekerasan dengan Perilaku Agresif pada Murid Laki-laki Kelas IV dan V di SD Negeri 02 Cupak Tangah Pauh Kota Padang. 4(1), 238–242.


Article Metrics

 Abstract Views : 604 times
 PDF Downloaded : 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.