Abstract
Penelitian ini membahas tentang efektivitas penggunaan teknik token economy untuk mengurangi perilaku agresif pada tunagrahita ringan di SLB Lumin Alisa Padang. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita ringan kelas VI SD yang bersekolah di SLB Lumin Alisa Padang. Penelitian ini menggunakan metode SSR (Single Subject Research) dan jenis penelitian eksperimen dengan desain A-B-A. Pada desain A-B-A terdapat tiga kondisi yaitu kondisi baseline (A1), kondisi intervensi (B), dan kondisi baseline (A2). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan asesmen. Alat pengumpulan data yaitu menggunakan frekuensi yang artinya peneliti menghitung berapa kali perilaku target muncul dalam kurun waktu 30 menit. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis visual grafik. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa perilaku mengganggu teman pada anak menurun setelah diberikan intervensi dengan menggunakan teknik token economy. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik token economy mampu mengurangi perilaku agresif pada anak tunagrahita ringan.
Keywords
Prilaku agresif, anak tunagrahita ringan, token economy