Model Pembelajaran Explicit Instruction Meningkatkan Keterampilan Membuat Topiary Artificial Plant Bonsai dari Tali Plastik

Suci Handayani(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1113240.64

Full Text:    Language : en

Abstract


This study aims to describe the role and methods of explicit instruction on the skills of making bonsai artificial plant topiary from plastic ropes for deaf children. This type of research is a literature study (Library Research). The data collection method used in this research is the documentation method. The main sources of this research are journals contained in Google Scholar or Google Scholar and journals contained in reputable journals. The data analysis used in this research is literature analysis / content analysis / content analysis. The results of this study indicate that the explicit instruction method plays an important role in learning skills for deaf children, namely applying the appropriate steps to the explicit instruction method which is taught step by step by the teacher so that deaf children understand each step of the skills being taught.


Keywords


Model Explicit Instruction, Topiary Artificial Plant Bonsai, Tunarungu.

References


Abdullah, N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus, (86), 1–10.

Agustina. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Model Explicit Instruction Pada Anak Disgrafia (Single Subject Research di Kelas III SD N 09 Koto Lua Padang), 50.

Aqib, Z. (2014). model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Aryati, D. (2017). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding dari Stik Es melalui Model Explicit Instruction pada Anak Tunagrahita Ringan ( Classroom Action Research di SLB Wacana Asih Padang ), 226–232.

Atmaja, J. (2018). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dasmi, Y. F. (2019). Meningkatkan keterampilan Membuat Stik Tahu Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction Bagi Siswa Tunarungu Kelas VII.

Harahap, L. C., & Efendi, J. (2020). Keterampilan Vokasional Bercocok Tanam dengan Hidroponik Melalui Model Explicit Instruction Bagi Anak Autis Kelas X di SLB Autisma YPPA Padang, 8, 1–5.

Herawati, D. R. N. (2019). Peranan Metode Expicit Instruction Terhadap Keterampilan Tata Boga Anak Tunagrahita, 1–14.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustakawan Pelajar.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kassa, S. L. (2016). Model Pembelajaran Explicit Instruction Dalam Pembelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Autis Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu, 2.

Ningsih, wulan S. (2019). Efektivitas Model Explicit Instruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Tempat Permen Dari Pita Kawat Bagi Anak Tunarungu ( Pre-Eksperimental Pada Kelas X di SLB 1 Painan), 2019.

Nurhastuti, et all. (2019). UNES Journal of Community Service Training Of Marriage Production From Paper Money For, 4(1), 23–30.

Paud, J. P. G., Tp, J., & Pgsd, J. (2013). Penerapan Model Explicit Instruction Melalui Kegiatan Bermain Warna Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus.

Purnanti, N. K., Ganing, N. N., Suniasih, N. W., Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., & Ganesha, U. P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus, 2(1).

Putri, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Dikte Melalui Metode Explicit Instruction bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VI di SLB Wacana Asih Padang, 8.

Qolbi, Qodrija, K. (2019). Meningkatkan Keterampilan Bina Diri bagi Anak Down Syndrom melalui Model Explicit Instruction di Kelas I / C, 7, 43–48.

Safera, O., & Hasan, Y. (2019). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menanam Seledri melalui Metode Explicit Instruction pada Anak Tunagrahita Ringan. E-Jupekhu, 7(1), 249–257.

Sari, M. (2014). Peningkatan Keterampilan Tata Boga Materi Model Pembelajaran Explicit Instructio, 28(1), 17–23.

Sudarto. (2016). Keterampilan dan Nilai sebagai Materi Pendidikan dalam Perspektif Islam. Al Lubab, 1(1), 105–120.

Sulfanita, S. (2018). Pengaruh Model Explicit Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Tempe bagi Anak Tunarungu, 6, 303–307.

Wardani, I. G. A. . (2013). Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Banten: Universitas Terbuka.

yuliati, ida. (2010). Inspirasi Dari Daur Ulang. surabaya: PT Trubus Agrisarana.

Zahara, L. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Menjahit Kancing Baju bagi Anak yang Mengalami Hambatan Mental, 6, 262–267.

Abdullah, N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus, (86), 1–10.

Agustina. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Model Explicit Instruction Pada Anak Disgrafia (Single Subject Research di Kelas III SD N 09 Koto Lua Padang), 50.

Aqib, Z. (2014). model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Aryati, D. (2017). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding dari Stik Es melalui Model Explicit Instruction pada Anak Tunagrahita Ringan ( Classroom Action Research di SLB Wacana Asih Padang ), 226–232.

Atmaja, J. (2018). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dasmi, Y. F. (2019). Meningkatkan keterampilan Membuat Stik Tahu Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction Bagi Siswa Tunarungu Kelas VII.

Harahap, L. C., & Efendi, J. (2020). Keterampilan Vokasional Bercocok Tanam dengan Hidroponik Melalui Model Explicit Instruction Bagi Anak Autis Kelas X di SLB Autisma YPPA Padang, 8, 1–5.

Herawati, D. R. N. (2019). Peranan Metode Expicit Instruction Terhadap Keterampilan Tata Boga Anak Tunagrahita, 1–14.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustakawan Pelajar.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kassa, S. L. (2016). Model Pembelajaran Explicit Instruction Dalam Pembelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Autis Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu, 2.

Ningsih, wulan S. (2019). Efektivitas Model Explicit Instruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Tempat Permen Dari Pita Kawat Bagi Anak Tunarungu ( Pre-Eksperimental Pada Kelas X di SLB 1 Painan), 2019.

Nurhastuti, et all. (2019). UNES Journal of Community Service Training Of Marriage Production From Paper Money For, 4(1), 23–30.

Paud, J. P. G., Tp, J., & Pgsd, J. (2013). Penerapan Model Explicit Instruction Melalui Kegiatan Bermain Warna Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus.

Purnanti, N. K., Ganing, N. N., Suniasih, N. W., Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., & Ganesha, U. P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus, 2(1).

Putri, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Dikte Melalui Metode Explicit Instruction bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VI di SLB Wacana Asih Padang, 8.

Qolbi, Qodrija, K. (2019). Meningkatkan Keterampilan Bina Diri bagi Anak Down Syndrom melalui Model Explicit Instruction di Kelas I / C, 7, 43–48.

Safera, O., & Hasan, Y. (2019). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menanam Seledri melalui Metode Explicit Instruction pada Anak Tunagrahita Ringan. E-Jupekhu, 7(1), 249–257.

Sari, M. (2014). Peningkatan Keterampilan Tata Boga Materi Model Pembelajaran Explicit Instructio, 28(1), 17–23.

Sudarto. (2016). Keterampilan dan Nilai sebagai Materi Pendidikan dalam Perspektif Islam. Al Lubab, 1(1), 105–120.

Sulfanita, S. (2018). Pengaruh Model Explicit Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Tempe bagi Anak Tunarungu, 6, 303–307.

Wardani, I. G. A. . (2013). Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Banten: Universitas Terbuka.

yuliati, ida. (2010). Inspirasi Dari Daur Ulang. surabaya: PT Trubus Agrisarana.

Zahara, L. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Menjahit Kancing Baju bagi Anak yang Mengalami Hambatan Mental, 6, 262–267.


Article Metrics

 Abstract Views : 486 times
 PDF Downloaded : 366 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.