Keterampilan Vokasional Bercocok Tanam dengan Hidroponik Melalui Model Explicit Instruction Bagi Anak Autis Kelas X di SLB Autisma YPPA Padang

Lia Cahyani Harahap(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1101620.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Anak autis yang memiliki kemampuan akademik jauh tertinggal dibanding anak pada umumnya. Hal ini menyebabkan anak tidak mampu bersaing.  Anak autis juga akan tumbuh dewasa dan tidak selamanya di damping oleh guru dan orang tuanya. Sehingga mereka harus dibekali soft skill untuk lebih mandiri dan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu soft skill adalah bercocok tanam. Namun kondisi sekolah yang sempit sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan bercocok tanam secara konvensional. Oleh karena itu peneliti melakukan percobaan “meningkatkan keterampilan bercocok tanam sawi dengan hidroponik melalui model explicit instruction”. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu atau quasi eksperiment, dengan desain kelompok tunggal pretest dan posttest. Penelitian ini di laksanakan di SLB Autisma YPPA Padang pada kelas X dengan anak autis berjumlah lima orang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan bercocok tanam sawi dengan hidroponik di SLB Autisma YPPA Padang pada anak kelas X mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan model explicit instruction dapat meningkatkan keterampilan bercocok tanam sawi dengan hidroponik bagi anak autis kelas X di SLB Autisma YPPA Padang.

Keywords


Autis, hidroponik, explicit instruction

References


Arohmah, S. R., & Efendi, J. (2018). Metode Tutorial Untuk Meningkatkan Life Skill Menghias Kue Berkarakter Bagi Anak Tunarungu Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6, 49–55.

Ballerina, T. (2016). Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf. Inklusi, 3(2), 245. https://doi.org/10.14421/ijds.030205

Iswari, M., & Nurhastuti. (2018). Pendidikan Anak Autisme. Goresan Pena.

Julianai, R., Fatmawati, & Safaruddin. (2019). Efektivitas Metode Latihan Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Bercocok Tanam Kangkung Hidroponik Kelas VIII di SLB Autisma YPPA Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7, 210–215.

Kurwadkar, S., Struckhoff, G., Pugh, K., & Singh, O. (2016). ScienceDirect Uptake and translocation of sulfamethazine by alfalfa grown under hydroponic conditions. JES, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.jes.2016.04.019

Safaruudin, & Taufan, J. (2020). Development of Multimedia Learning in Hydroponic Farming on Children with Hearing Impairment. Jounal Of Physics. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012072

Seprinawati, & Efendi, J. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Vokasional Membuat Sandal Kulit bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 2 Padang. 7, 154–159.

Silma, E. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa IPS Kelas XI Pada Pelajaran Ekonomi (Akuntansi) Di SMAN 1 Langgam. 9, 68–76.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Susila, A. D., & Koerniawati, Y. (2004). Pengaruh Volume dan Jenis Media Tanam pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Selada (Lactuca sativa) dalam Teknologi Hidroponik Sistem Terapung. Jurnal Agronomi Indonesia (Indonesian Journal of Agronomy), 32(3). https://doi.org/10.24831/jai.v32i3.1458


Article Metrics

 Abstract Views : 452 times
 PDF Downloaded : 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.