Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Global bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas III di SD Negeri 32 Kuranji Padang

Rima Siti Rahmah(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan masalah yang penulis temukan di SD Negeri 32 Kuranji Padang, pada seorang anak yang berjenis perempuan menduduki kelas III SD mengalami kesulitan dalam membaca kalimat sederhana, dikarenakan anak masih membalikkan huruf, menghilangkan huruf dan mengeja kata pada saat membaca. Oleh karena itu, penulis berupaya melakukan penelitian pada kemampuan membaca permulaan menggunakan metode global. Penelitian ini dilakukan agar anak tidak mengalami kesulitan dalam kemampuan membaca permulaan dan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan melalui metode global bagi anak kesulitan belajar kelas III di SD Negeri 32 Kuranji Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian subjek tunggal (SSR) desain A-B. Data yang dikumpulkan melalui pengamatan langsung dan dicatat pada lembaran observasi. Data ini dianalisis menggunakan analisis visual grafik. Berdasarkan hasil penelitian melalui metode global, menunjukkan bahwa tingkat permulaan membaca anak kelas III di SD Negeri 32 Kuranji Padang meningkat setelah diberikan intervensi. Sebab pada kondisi awal anak mendapatkan skor tertinggi 20% sedangkan pada kondisi intervensi anak mendapat skor 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode global dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak kesulitan belajar kelas III di SD Negeri 32 Kuranji Padang.


Keywords


Membaca Permulaan, Global, Kesulitan Belajar

References


Humaira, D. (2012). Pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia bagi anak tunagrahita ringan kelas iii di slb sabiluna pariaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 2012. https://doi.org/10.1016/S2211-3681(12)00087-3

Juang Sunanto. (2005). Pengantar Pendidikan dengan Subjek Tunggal. Cricet: Uviversitas Tsukuba.

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus (Pendekatan Psikoedukasional). Padang.

Sina Dwi Permata. (2011). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Global Pada Siswa Tunarungu Kelas II di Sekolah Luar Biasa (SLB) Bhakti Wiyata Kulon Progo.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. 2.

Skjorten Miriam D & Jhonsen. (2010). Education-Special Need Education. Oslo.

Taufan, J. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU, 2(2001), 29–32.

Zulmiyetri, Z. (2017). Metoda Maternal Reflektif (MMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Tunarungu. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(2), 62-67.


Article Metrics

 Abstract Views : 1170 times
 PDF Downloaded : 467 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.