Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan masalah yang penulis temukan di SD Negeri 32 Kuranji Padang, pada seorang anak yang berjenis perempuan menduduki kelas III SD mengalami kesulitan dalam membaca kalimat sederhana, dikarenakan anak masih membalikkan huruf, menghilangkan huruf dan mengeja kata pada saat membaca. Oleh karena itu, penulis berupaya melakukan penelitian pada kemampuan membaca permulaan menggunakan metode global. Penelitian ini dilakukan agar anak tidak mengalami kesulitan dalam kemampuan membaca permulaan dan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan melalui metode global bagi anak kesulitan belajar kelas III di SD Negeri 32 Kuranji Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian subjek tunggal (SSR) desain A-B. Data yang dikumpulkan melalui pengamatan langsung dan dicatat pada lembaran observasi. Data ini dianalisis menggunakan analisis visual grafik. Berdasarkan hasil penelitian melalui metode global, menunjukkan bahwa tingkat permulaan membaca anak kelas III di SD Negeri 32 Kuranji Padang meningkat setelah diberikan intervensi. Sebab pada kondisi awal anak mendapatkan skor tertinggi 20% sedangkan pada kondisi intervensi anak mendapat skor 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode global dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak kesulitan belajar kelas III di SD Negeri 32 Kuranji Padang.