Upaya Meningkatkan Mengenal Nilai Mata Uang Melalui Metode Bermain Peran bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VII di SLB YPPLB Padang
(1) Universitas Negeri padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri padang 
Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : id
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan peneliti yakni anak kurang mampu mengenal nilai mata uang Rp.1.00 s/d Rp.5.000 (jual/beli) metode yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaiyu siklus I dan siklus II, sedangkan data diperoleh peneliti melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan media uang dan alat tulis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dalam proses pembebalajaran berjalan dengan baik terlihat bahwa kemampuan anak ada perubahan. Meningkatnya proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil observasi siklus I pada guru mendapatkan persentase sebesar 89% sedangkan pada kedua anak tersebut DN mendapatkan persentase 67% dan FN mendapatkan persentase sebesar 70%, namun setelah diberikan tindakan pada siklus II melalui bermain peran hasil observasi pada guru meningkat menjadi 94% sedangkan kedua ank tersebut DN mendapatkan persentase sebesar 82% dan fani mendapatkan persentase sebesar 89% maka dari iti dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal anak 45% setelah diberikan tindakan pada siklus I dan siklus II terlihat bahwa ada perubahan.
Keywords
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Fahreza, F. dan rabiatul rahmi. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Role Playing Pada Pembelajaran Ips Di Kelas Iv Sd Negeri Pasi Pinang Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik, 5(1), 79–90.
Iswari, M., Efrina, E., Kasiyati, & Mahdi, A. (2018). Bermain Peran : Sebuah Metode Pembelajaran Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosialisasi Anak Autis. 2, 39–42.
Novaliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN Rao). Jurnal Teknologi Dan Pendidikan, 6(2), 106–118.
Nurhidayah, Anafi, A. T., Putri, D. A., & Sulistyaningrum, N. D. (2013). Media to Introduce Alphabets to Children with Mild Mental Retardation. PELITA, VIII, 127–137.
Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Prestasi Pustakaraya.
Article Metrics
Abstract Views : 1290 timesPDF Downloaded : 913 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.