Media Kantong Bilangan dalam Meningkatkan Konsep Nilai Tempat pada Anak Berkesulitan Belajar

Arruhil Amini(1), Elsa Efrina(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


ABSTRACT

This research has a problem found in SDN 27 Olo Ladang, Padang as a background. A grade III student has a difficulty in the value concept of place, so he gets difficulties in all aspects of mathematics. The purpose of this research is to increase the value concept of place for the student who has learning difficulties. This research uses single subject research with A-B design as a method, and uses graphic visual analysis with percentage measuring as its data analysis technique. After having data processing, it shows that the smaller overlap percentage, the better the influence of intervention to the target changing of behavior in this research. It finds 16,66% of overlap. Based on the data analysis, the pocket number media can increase the value concept of place to the student who has learning difficulties in grade III SDN 27 Olo Ladang Padang.

                            

abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SDN 27 Olo Ladang Padang. Seorang anak kelas III mengalami kesulitan dalam konsep nilai tempat sehingga anak mengalami kesulitan pada seluruh aspek mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan konsep nilai tempat pada anak berkesulitan belajar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu  single subject research dengan desain A-B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik dengan pengukuran persentase. Setelah diolah menunjukkan semakin kecil persentase overlap maka semakin baik pengaruh intervensi terhadap perubahan target behavior dalam penelitian ini, diperoleh persentase overlap 16,66%.  Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa media kantong bilangan mampu meningkatkan konsep nilai tempat pada anak berkesulitan belajar kelas III SDN 27 Olo Ladang Padang.

Keywords


Kantong Bilangan, Anak Berkesulitan Belajar

References


Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Karya Offset.

Martianty Nalole. (2011). Meningkatan Keterampilan Siswa Pada Pengurangan Bilangan Cacah Dengan Teknik Meminjam Melalui Media Kantong Bilangan Di Kelas Ii Sdn Pauwo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango Oleh : Jurnal Inovasi Maret.

Sudarwan Danim. (2010). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Press.

Yusuf, M. (2005). Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar. Jakarta: Dapartemen Pendidikan Nasional.

Yopi Sartika. (2013). Ragam media pembelajaran adaptif untuk anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta : Familia


Article Metrics

 Abstract Views : 2335 times
 PDF Downloaded : 493 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.