Meningkatkan Bina Diri bagi Anak Down Syndrom Melalui Model Explicit Instruction di kelas I/C

Qodrija - Qolbi(1), Kasiyati Kasiyati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Permasalahan ini yang ditemukan di SLB Kemala Bhayangkari Lintau pada anak Down Syndrom kelas  I/C mengalami kesulitan dalam keterampilan bina diri makan dikotak bekal. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan demonstrasi yaitu anak disuruh guru untuk memperhatikan penjelasan guru dan mempraktekkan sendiri tanpa dijelaskan secara khusus (satu persatu ) dan terperinci kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bina diri tentang merawat diri yaitu makan dikotak bekal bagi anak Down Syndrom kelas I/C melalui model Explicit Instruction. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, dokumentasi, dan tes (perbuatan). Berdasarkan hasil penelitian melalui model pembelajaran Explicit Instruction terlihat kemampuan anak meningkat. Hasil yang didapatkan anak dalam keterampilan bina diri dari sebelum diberi perlakukan sampai setelah diberi perlakuan yaitu  25%, 42,19%, dan 79,69%. Berdasarkan data diatas, kesimpulan dari keterampilan bina diri makan dikotak bekal melalui model pembelajaran Explicit Instruction mengalami peningkatan yang signifikan.

Keywords


Bina diri, Makan diKotak Bekal, Model Pembelajaran Explicit Instruction, Anak Down Syndrom

References


Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gedung Persada (GP) Press.

Iswari, M., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Ardisal, A. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 156–162.

Kasiyati, & Kusumastuti, G. (2019). Perspektif Pendidikan Anak Tunagrahita. Padang: Sukabina Press.

Kris, B. (2004). Semiotika Visual. Yogyakarta: Buku Baik Yogyakarta.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: A-Ruzz Media.

Panjaitan, R. A. A., Irdamurni, & Kasiyati. (2013). Meningkatkan kemampuan toilet training melalui analisis tugas pada anak tunagrahita sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3).

Yudhistira, D. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas Apik, Perlu, Ilmiah, Konsisten (APIK). Grasindo. Jakarta.


Article Metrics

 Abstract Views : 1113 times
 PDF Downloaded : 487 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.