Meningkatkan Kemampuan Merawat Diri Dalam Keterampilan Menggosok Gigi Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Pada Anak Tunagrahita Sedang
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peningkatan kemampuan menggosok gigi pada anak tunagrahita sedang.Permasalahannya anak tidak mampu menggosok gigi dengan langkah yang benar. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa model direct instruction dapat meningkatkan keterampilan menggosok gigi pada anak tunagrahita sedang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan kondisi baseline (A1) sebelum diberikan perlakuan dalam peningkatan keterampilan menggosok gigi selama 5 hari dengan mean 40%, kecenderungan arah mendatar dan perubahan data mendatar. Kondisi intervensi (B) saat diberikan perlakuan dengan model direct instructionselama 8 hari dengan mean 75%, kecenderungan arah meningkat dan perubahan data meningkat. Kondisi baseline (A2) saat tidak lagi diberikan perlakuan selama 5 hari dengan mean 85%, kecenderungan arah meningkat dan perubahan data meningkat. Overlape data yang memiliki persentase rendah. Kesimpulannya model direct instruction efektif dapat meningkatkan keterampilan menggosok gigi pada anak tunagrahita sedang di SLB Limas.
.
Keywords
References
Apriyanto, Nunung. (2012). Seluk Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta. Javalitera.
Kurniasih, Imas. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesional Guru: Kata Pena
Sudrajat, Dodo. (2013). Pendidikan Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.Bandung : Luxima
Sunanto, Juang. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subjek Tunggal.Otsuka: University of Tsukuba
Wantah, Maria J. (2007). Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Direktorat Ketenagaan.
Afandi Muhammad, dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS
Article Metrics
Abstract Views : 2051 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1175 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.