Profil Guru Tunanetra X yang Mengajar di SLBN 1 Painan
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya seorang guru X tunanetra total yang mengalami ketunanetraan ketika berumur 40 tahun disebabkan tumor dibawah otak kecil. Ketunanetraan yang dialami guru X tidak membuat guru X untuk tidak melakukan apa-apa, terbukti dari usaha guru X untuk dapat mengajar di SLB yang sebelumnya sempat mengajar di SD umum, untuk melakukan hal ini dibutuhkan kompetensi agar menjadi guru yang baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah seorang Guru Tunanetra yang mengajar di SLBN 1 Painan. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi dari riwayat hidup dan kompetensi yang dimiliki guru X yaitu berkenaan dalam memahami peserta didik, merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran, serta mengembangkan potensi peserta didik. Deskripsi kepribadian guru X baik dan ramah dan deskripsi hubungan sosial guru X juga lancar menurut keluarga, teman sebaya di sekolah, dan masyarakat disekitar rumah.
Keywords
Guru tunanetra, riwayat hidup, kompetensi guru
References
Alma, B. dkk. (2014). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Fatmawati. (2013). Profesional Guru Pada Pendidikan Anak Gangguan Intelektual. PEDAGOGI (Juenal Ilmiah Ilmu Pendidikan), XIII(1), 118–123.
Gie, T. L. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: ANDI.
Marlina, L. (2012). Profil seorang dosen tunanetra di institut seni indonesia padang panjang, 1, 238–247.
Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP PRESS.
Article Metrics
Abstract Views : 423 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 133 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.