Meningkatkan Kosakata Benda Melalui Media Pop Up Book Bagi Siswa Tunarungu kelas I di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh

Chikita Bunga Ariyona(1), Damri Damri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata benda siswa tunarungu. Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran kosakata benda di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh kurangnya kepiawaian guru dalam memberi variasi dalam pembelajaran,guru hanya mengandalkan papan tulis dan spidol senjata terampuhnya. Hal ini tampak tidak bersemangatnya siswa saat proses pembelajaran kosakata benda, siswa tidak mampu mengetahui nama-nama benda- benda yang ada didalam kelas . Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan untuk membuktikan media Pop Up Book dapat meningkatkan kosakata benda bagi  siswa tunarungu. Metode penelitian yang peneliti pakai adalah Classroom Action Research. Hasil penelitian membuktikan bahwa media Pop Up Book dapat meningkatkan kosakata bagi anak tunarungu di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh .


Keywords


Tunarungu, Media Pop Up Book, Siswa Tunarungu

References


Dzuanda.(2011). Desaign Pop Up Child Book Puppert Figures Series : Gatotkaca. Jurnal Library ITS Undergraduate.

Kunandar.(2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Press.

Iswari.(2007). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.Depdikbud.Jakarta.


Article Metrics

 Abstract Views : 617 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.