Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Melalui Media Dadu Bagi Anak Tunagrahita Ringan

Ratna Juita Sari(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


penelitian ini dari permasalahan yang nampak di lapangan yaitu seorang anak retardasi mental ringan DII/C di SLB Lumin Alisa Padang yang mengalami kesulitan dalam melakukan penjumlahan deret kesamping bilangan 1s/d10. Berdasarkan hal tersebut  pengamatan ini berguna untuk cara mengunakan media dadu dan menambah kemampuan penjumlahan deret kesamping bilangan 1s/d10 untuk anak retardasi mental ringan kelas DII/C di SLB Lumin Alisa Padang. Penelitian menggunakan Single Subject Research, desain A-B. A (baseline) adalah kondisi awal, kondisi B (Intervensi) setelah diberi perlakuan dengan menggunakan media dadu. Teknik analisis data menggunakan analisis visual grafik. Hasil menyatakan bahwa kemampuan penjumlahan deret kesamping bilangan  1s/d10  anak retardasi mental ringan  kelas DII/ C di SLB Lumin Alisa Padang dapat meningkat melalui media dadu.

Keywords


Kemampuan penjumlahan, Media dadu, Anak tunagrahita ringan

References


Indrawati. (2012). Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Matematika Melalui Media Dadu Bagi Anak Tunarungu di Kelas D II B SLB Syekh Muhammad SA’AD Mungka. Jurnal Ilmiah Pedidikan Khusus, 1.

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Putri, C. S. (2014). Pengaruh Implementasi Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Pada Anak Tunagrahita Ringan SLB Aisyiah Krian Sidoarjo. Jurna Pendidikan Khusus, 2.

Rahmalia Yunita Wardani, T. I. (2014). Pengaruh Permainan Dadu Terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan Anak Tunagrahita Kelas I SLB. Jurnal Ortopedagogo, I.

Sunanto, J. (2005). pengantar penelitian subjek tunggal. bandung: upi press.

Wantah, M. J. (2007). Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta: DEPDIKNAS.


Article Metrics

 Abstract Views : 801 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 531 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.