Efektivitas Analisis Tugas dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Kerupuk Ikan bagi Anak Tunagrahita Ringan

Yessy Muthia(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini mengungkapkan tentang siswa yang memiliki iq dibawah rata-rata ringan di SLB Negeri 2 Padang kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran keterampilan, pada saat pengamatan proses pembelajaran,terlihat siswa mengalami kesulitan atau sukar dalam menguraikan kembali langkah-langkah yang diterangkan oleh guru. Saat mengajar guru menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan juga penugasan kepada lima siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa Analisis Tugas sangat efektif meningkatkan keterampilan membuat kerupuk ikan untuk anak tunagrahita ringan kelas VIII C di SLBN 2 Padang. Penelitiantersebutmenggunakanmetodeeksperiment denganbentukpre-eksperimental designdenganjenisone group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini lima orang siswa. Penelitian ini terdiri oleh beberapa tahapan yaitu tahapan awal untuk mengetahui nilai anak sebelum diberikan perlakuan (pre-test), tahap kedua yaitu  pemberian  perlakuan  (treatment) dalam keterampilan membuat  kerupuk ikan dengan menggunakan model analisis tugas, selanjutnya tahap ketiga yaitu tes terakhir untuk mengetahui seberapa jauh akibat dari perlakuan yang sudah diberikan (post-test). Nilai sebelum dan sesudah diuji dengan Mann Whitney untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisi tugas ini sangat efektif  meningkatkan keterampilan membuat kerupuk ikan untuk anak tunagragita ringan kelas VIII di SLB Negeri 2 Padang.

Keywords


Analisis Tugas, Membuat Kerupuk Ikan, Tunagrahita Ringan

References


Ardiyanto. S. (2014). Meningkatkan Kemampuan, Makan melalui Analisis Tugas pada Kelas I Anak Tunagrahita Ringan di SLB 5 Padang, Universitas Negeri Padang.

Endang, R., & Alimin, Z. (n.d.). Pengembangan Program Pembelajaran Individual Untuk Anak Tunagrahita,. Jakarta: DEPDIKNAS.

Kemis, & Ati, R. (2013,). Pendidikan, Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta: Luxima.

Marlina. (2009). Asesmen Pada Anak Berkebutuhain Khusus. Padang: UNP Press.

Nuryantini. (2003). Kerupuk Ikan. Bandung: Karya Putra Darwati.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus: Cara Membantu Mereka Agar Berhasil dalam Pendidikan Inklusif, Padang: UNP Press.

Zulfahmi, & Dkk. (2014). Pemanfaatan Daging Ikan Tenggiri dengan Konsentrasi yang Berbeda pada Pembuatan Kerupuk Ikan. Jurnal Pensgolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan, 3(4).


Article Metrics

 Abstract Views : 620 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.