Efektivitas Media Power Point dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan pada Anak Tunagrahita Sedang

Selviana Rosma Yanti(1), Irdamurni Irdamurni(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : Id

Abstract


Penelitian ini membahas tentang peningkatan kepandaian mengetahui huruf pada anak tunagrahita sedang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini ialah untuk membuktikan media power point meningkatkan kepandaian mengetahui huruf pada anak tunagrahita sedang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat pertemuan yang terdiri dari empat tahapan proses yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi dan tes perbuatan yang di analisi secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pendekatan pembelajaran dengan media power point dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak tunagrahita sedang menjadi meningkat. Hal ini dapat dilihat dari persentase kemampuan awal siswa sampai berakhirnya pelaksanaan tindakan pada siklus II. Pada kemampuan awal persentase kemampuan siswa yaitu 50%, setelah pelaksanaan siklus I menjadi 50%, 50%, 68% dan 68% dan setelah dilanjutkan dengan siklus II meningkat menjadi 75%,81%,81% dan 93%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media power point dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan bagi anak tunagrahita sedang.

Keywords


Media power point, mengenal huruf, tunagrahita sedang.

References


Patton. (2012). Layanan Pendidikan ABK. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Irdamurni. (2013). Meningkatkani Kemampuan Toileti Trainingi Melalui Analisisi Tugas Pada Anakl Tunagrahita Sedang. Jurnali Imliah Pendidikan Khusus. 3, 268-279.

Yung. (2011). Pengertian Power Point. Jakarta : Kriya Pustaka.

iWidayati, Ari (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Ari Widayati. Vol. 6, No. 1.

iArikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi iPendidikan, Jakarta: PT Bumii Aksara.


Article Metrics

 Abstract Views : 638 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 339 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.