The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini membahas tentang peningkatan kepandaian mengetahui huruf pada anak tunagrahita sedang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini ialah untuk membuktikan media power point meningkatkan kepandaian mengetahui huruf pada anak tunagrahita sedang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat pertemuan yang terdiri dari empat tahapan proses yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi dan tes perbuatan yang di analisi secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pendekatan pembelajaran dengan media power point dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak tunagrahita sedang menjadi meningkat. Hal ini dapat dilihat dari persentase kemampuan awal siswa sampai berakhirnya pelaksanaan tindakan pada siklus II. Pada kemampuan awal persentase kemampuan siswa yaitu 50%, setelah pelaksanaan siklus I menjadi 50%, 50%, 68% dan 68% dan setelah dilanjutkan dengan siklus II meningkat menjadi 75%,81%,81% dan 93%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media power point dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan bagi anak tunagrahita sedang.

Keywords


Media power point, mengenal huruf, tunagrahita sedang.