Pengaruh Media Tutorial Terhadap Keterampilan Vokasional Membuat Vas Bunga dari Kain Flanel bagi Anak Tunarungu

Fajri Ilahi(1), Fatmawati Fatmawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi di SLB Perwari Padang yaitu anak tunarungu belum terampil dalam membuat vas bunga dari kain flanel di kelas VII. Penelitian ini dilakukan delapan kali pertemuan tatap muka. Setiap pertemuan pembelajaran diadakan evaluasi untuk melihat tingkat kemampuan anak. Tahapan kerja dalam siklus, pertama perencanaan, kedua pelaksanaan tindakan, ketiga observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan, data dianalisis dengan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil tes kemampuan yang dimilik anak disetiap pertemuan didapatkan peningkatan keterampilan membuat vas bunga dari kain flanel. Adapun hasil yang didapatkan dalam delapan kali pertemuan yaitu W siklus I  40,2 % , 52,8  Siklus II % 82,7 % 91,1% dan S siklus I 35,6 % 48,2%, siklus II 77 %,87,3%, Berdasarkan dari data diatas, kesimpulan dari keterampilan membuat vas bunga dari kain flanel mengalami peningkatan yang signifikan melalui media video tutorial.

Penelitian ini dilatar belakangi di SLB Perwari Padang yaitu anak tunarungu belum terampil dalam membuat vas bunga dari kain flanel di kelas VII. Penelitian ini dilakukan delapan kali pertemuan tatap muka. Setiap pertemuan pembelajaran diadakan evaluasi untuk melihat tingkat kemampuan anak. Tahapan kerja dalam siklus, pertama perencanaan, kedua pelaksanaan tindakan, ketiga observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan, data dianalisis dengan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil tes kemampuan yang dimilik anak disetiap pertemuan didapatkan peningkatan keterampilan membuat vas bunga dari kain flanel. Adapun hasil yang didapatkan dalam delapan kali pertemuan yaitu W siklus I  40,2 % , 52,8  Siklus II % 82,7 % 91,1% dan S siklus I 35,6 % 48,2%, siklus II 77 %,87,3%, Berdasarkan dari data diatas, kesimpulan dari keterampilan membuat vas bunga dari kain flanel mengalami peningkatan yang signifikan melalui media video tutorial


Keywords


Keterampilan vokasional; Media video tutorial; tunarungu

References


Arikunto , Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bagus, D. (2012). Kreasi membuat Vas bunga. Jakarta: Dunia kreasi.

Damri, dkk. (2017). Hubungan Self-Efficacy dan Prokrasitinasi Akademik Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. Jurnal Edukasi Bimbingan Konseling. 74-95.

Fatmawati, & Tarmansyah. (2013). Meningkatkan Keterampilan Membuat Vas Bunga Gelas Dari Kertas Koran Melalui Bantuan Metode Demontsrasi Bagi Anak Tunarungu Kelas III Di SDLB Painan,

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Santosa, P 2011. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitasterbuka

Subana & Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar, Berbagai Pendekatan Metode Teknik dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Winarsih, M. (2007). Intervensi Dini bagi Anak Tunarungu dalam Pemrolehan. Jakarta: DEPDIKBUD


Article Metrics

 Abstract Views : 576 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.