Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Layer Cake Variasi Isi Bagi Anak Tunarungu

Prima Dona(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anak tunarungu di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh dalam membuat layer cake variasi isi. Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran membuat layer cake variasi isi ialah selama proses pembelajaran guru menerangkan kepada anak dengan cara mencatatat di papan tulis, tanpa adanya demontrasi yang lebih diberikan oleh guru dalam proses pembelajaran membuat layer cake variasi isi, sehingga menyebabkan kemampuan anak dalam  membuat layer cake variasi isi masih rendah terlihat anak  belum terampil dalam  membuat layer cake variasi isi. Berdasarkan  masalah tersebut, penelitian ini dilakukan untuk membuktikkan bahwa model direct instruction dapat meningkatkan keterampilan membuat layer cake variasi isi bagi anak tunarungu. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian membuktikkan bahwa model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan keterampilan  membuat layer cake variasi isi bagi anak tunarungu di Slb Luak Nan Bungsu Payakumbuh.

Keywords


layer cake variasi isi, direct instruction, tunarungu

References


Aris Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Istarani. (2016). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Iswari, M. (2007). Kecakapan hidup bagi anak berkebutuhan khusus. Jakarta: departemen pendidikan nasional, direktorat jendral pendidikan tinggi, direktorat ketenagaan.

Iswari, M. (2017). Career Guidance Model in Independence of Deaf Children in Time After Special Senior High School, 1(2), 1–3.

Marlina. (2009). Asesmen Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP press.

Prihatmoko, I. R. (2012). Survey Jenis-Jenis Keterampilan yang diminati Aank Tunarungu SLTPLB di SLB –B Wiyata Dharma I Tempel.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang: Kencana.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus (cara membantu mereka agar berhasil dalam penelitian inklusif). Padang: UNP press.

Tian. (2007). Layer Cake Variasi Isi. Bandung: Titian Ilmu.

Utari, S. E. (2016). Peningkatan Pemahaman Siswa Tunarungu Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Bermedia Bergambar.


Article Metrics

 Abstract Views : 748 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 323 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.