Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anak tunarungu di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh dalam membuat layer cake variasi isi. Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran membuat layer cake variasi isi ialah selama proses pembelajaran guru menerangkan kepada anak dengan cara mencatatat di papan tulis, tanpa adanya demontrasi yang lebih diberikan oleh guru dalam proses pembelajaran membuat layer cake variasi isi, sehingga menyebabkan kemampuan anak dalam membuat layer cake variasi isi masih rendah terlihat anak belum terampil dalam membuat layer cake variasi isi. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan untuk membuktikkan bahwa model direct instruction dapat meningkatkan keterampilan membuat layer cake variasi isi bagi anak tunarungu. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian membuktikkan bahwa model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan keterampilan membuat layer cake variasi isi bagi anak tunarungu di Slb Luak Nan Bungsu Payakumbuh.
Keywords
layer cake variasi isi, direct instruction, tunarungu