Meningkatkan Kemampuan Menulis melalui Media Buku Bergaris Tiga pada Anak Disgrafia Kelas V di SDN 04 VII Koto Sungai Sarik

Fivie Melyza(1), Kasiyati Kasiyati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : Id

Abstract


Artikel membahas tentang meningkatkan kemampuan menulis pada anak disgrafia di kelas V SD Negeri VII Koto Sungai Sarik. Latar belakang permasalahan yang ditemui yaitu anak yang mengalami kesulitan belajar menulis kata benda, untuk meningkatkan kemampuan menulis anak melalui buku bergaris tiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan ekperimen dalam bentuk Single subject Research (SSR) desain A1-B-A2. Teknik analisis data yang digunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak disgrafia. Pengukuran variabelnya menggunakan persentase.

Pada kondisi A1 (baseline) adalah kondisi sebelum diberikan perlakuan anak mendapat skor 10%. Kondisi B (Intervensi) anak diberikan perlakuan melalui media buku bergaris tiga kemampuannya meningkat menjadi 70%. Dan kondisi A2 (Baseline) adalah kondisi tidak diberikan perlakuan mendapatkan skor 80%. Persentase overlape pada kondisi baseline (A1) dan intervensi (B) adalah 0% dan overlope data pada kondisi baseline (A2) dan intervensi (B) 55,55%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku bergaris tiga dapat menigkatkan kemampuan menulis pada anak disgrafia.


Keywords


Media buku bergaris tiga, menulis kata benda, disgrafia

References


Abdurrahman, Mulyono. 2009. Anak berkesulitan belajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad,Azhar.2013.Media pembelajaran.Jakarta:Rajawali Pers.

Apriani, C., & Kasiyati, T. (2013). EFEKTIFITAS METODE KUPAS RANGKAI SUKU KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK KESULITAN MEMBACA (Single Subject Research Kelas II di SDN 09 Pauh Padang). Jurnal Pendidikan Khusus, 2(3).

Kamilaturahmi, L., Yarmis, H., & Kasiyati. (2013). Efektifitas Penggunaan Metode Fonetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Konsonan / R/ Pada Anak Tunarungu Sedang Kelas I Di SLB Center Payakumbuh, 2(September), 487–500.

Ma’summah. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung melalui Penggunaan Buku Tulis Halus pada Siswa Kelas 1 M1 Kholid Bin Wahid Reno Kenongo Porong. Skripsi: UIN Surabaya.

Sudjana,Nana & Ahmad Rivai.2015.Media pengajaran.Bandung:Sinar baru

Algesindo.

Sunanto, J. (2005). Pengantar penelitian dengan subjek tunggal. Universitas Tsukuba: Crice.


Article Metrics

 Abstract Views : 1340 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 510 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.