Abstract
Artikel membahas tentang meningkatkan kemampuan menulis pada anak disgrafia di kelas V SD Negeri VII Koto Sungai Sarik. Latar belakang permasalahan yang ditemui yaitu anak yang mengalami kesulitan belajar menulis kata benda, untuk meningkatkan kemampuan menulis anak melalui buku bergaris tiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan ekperimen dalam bentuk Single subject Research (SSR) desain A1-B-A2. Teknik analisis data yang digunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak disgrafia. Pengukuran variabelnya menggunakan persentase.
Pada kondisi A1 (baseline) adalah kondisi sebelum diberikan perlakuan anak mendapat skor 10%. Kondisi B (Intervensi) anak diberikan perlakuan melalui media buku bergaris tiga kemampuannya meningkat menjadi 70%. Dan kondisi A2 (Baseline) adalah kondisi tidak diberikan perlakuan mendapatkan skor 80%. Persentase overlape pada kondisi baseline (A1) dan intervensi (B) adalah 0% dan overlope data pada kondisi baseline (A2) dan intervensi (B) 55,55%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku bergaris tiga dapat menigkatkan kemampuan menulis pada anak disgrafia.