Pelaksanaan Program Layanan Keterampilan Vokasional Pangkas Rambut Bagi Siswa SMALB Tunarungu di SLB Negeri 2 Tanjungpinang

Muhammad Zuliansyah(1), Yarmis Hasan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh diperlukan sebuah layanan keterampilan vokasional yang dapat membantu kehidupan siswa tunarungu di masa depan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang pelaksanaan program layanan keterampilan pangkas rambut bagi siswa SMALB tunarungu di SLB Negeri 2 Tanjungpinang.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskritif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan keterampilan vokasional pangkas rambut di SLB Negeri 2 Tanjungpinang berjalan dengan sangat baik. Kepala sekolah bersama guru merancang program sebaik mungkin. Metode dan strategi pembelajaran yang digunakan guru juga tepat. Media dan alat yang digunakan juga lengkap dan memadai. Evaluasi yang dilakukan efektif untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada.

 


Keywords


Keterampilan pangkas rambut, guru kelas, peserta didik tunarungu

References


Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnah, M. I. B. (2007). Kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Indita, K. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Ketrampilan Memasak Bagi Anak Tunagrahita Mampu Didik SLB-C Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kusumawardani, H. (2003). Pemangkasan Rambut. Surabaya: Tim Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus (Pendekatan Psikoedukasional). Padang: UNP Press.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

 Abstract Views : 1764 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 472 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.