Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh diperlukan sebuah layanan keterampilan vokasional yang dapat membantu kehidupan siswa tunarungu di masa depan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang pelaksanaan program layanan keterampilan pangkas rambut bagi siswa SMALB tunarungu di SLB Negeri 2 Tanjungpinang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskritif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan keterampilan vokasional pangkas rambut di SLB Negeri 2 Tanjungpinang berjalan dengan sangat baik. Kepala sekolah bersama guru merancang program sebaik mungkin. Metode dan strategi pembelajaran yang digunakan guru juga tepat. Media dan alat yang digunakan juga lengkap dan memadai. Evaluasi yang dilakukan efektif untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada.
Keywords
Keterampilan pangkas rambut, guru kelas, peserta didik tunarungu