Literature Review : Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pendidikan Kejuruan

Yasdinul Huda(1), Elfi Tasrif(2), Ranti Ermina Sari(3), Resti Rahmi Khairati Costa(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v9i1.121703

Full Text:    Language : en

Abstract


Pendidikan Kejuruan merupakan lembaga pendidikan yang fokus mendidik peserta didik agar memiliki tingkat keahlian yang dapat diakui di Dunia Industri. Perkembangan teknologi telah mengubah pola pembelajaran dalam dunia pendidikan terutama dalam penggunaan media pembelajaran seperti penggunaan Media Augmented Reality (AR). Media Augmented Reality memiliki berbagai model untuk setiap kebutuhan, namun secara keseluruhan media ditampilkan dalam bentuk teks, gambar audio pengguna dan objek 3 dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Validitas dan Respon Pengguna terhadap Media Pembelajaran Augmented Reality di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan metode studi literatur. Hasil penelitian berdasarkan studi literatur membuktikan bahwa validitas penggunaan media augmented reality untuk pendidikan kejuruan sebesar 85,29%. Dan hasil penelitian respon pengguna sebesar 83,81%. Berdasarkan pemaparan validitas dan respon pengguna, penggunaan media augmented reality pada pendidikan kejuruan tergolong valid dan efektif..


Keywords


Media Pembelajaran, Augmented Reality, Studi Literatur

References


Zulkifly, F. A., Saepuloh, L., & Yudianto, A, “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di Smk Pembangunan Cibadak,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 90-100, July 2022.

Yallah, S. O. R., & Huda, Y, “ Pengembangan Media Pembelajaran Smart App Creator3 Berbasis Android pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik di SMK N 1 Sumatera Barat,” Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1244-1255, 2022.

Putra, A., & Milenia, I. F, “Systematic literature review: Media komik dalam pembelajaran matematika,” Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30-43.

Kuswanto, J., & Radiansah, F, “ Media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran sistem operasi jaringan kelas XI,” Jurnal Media Infotama, 14(1).

Nugroho, P. S., & Putri, A. R, “Pengembangan media pembelajaran interakif berbasis augmented reality pada pembelajaran pengenalan komponen komputer pada kelas x tkj di smk sore tulungagung,” Jurnal of Education and Information Communication Technology, 3(1), 82-87, 2019.

Sari, D. N., & Huda, Y, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi Berbasis Android,” Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1228-1237, April 2022

Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W, “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Jember,” Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642.

Mubai, A., Giatman, N. J., & Syahril, R. A, “The Effectiveness of Learning Media Based on Augmented Reality in Vocational Education: A Meta Analysis,” Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 15749-15756.

Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi,” Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN). https://doi. org/10.26418/jp. v3i2, 22676.

Siswarana, S. A., & Djuniadi, D, “ Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Augmented Reality Bagi Siswa Smk Kelas X,” Jurnal Digit, 5(2), Nov. 2015.

Kurniawan, N, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Kompetensi Mengenal Komponen Pneumatik Di SMKN 2 Wonogiri,” Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(5), Sept. 2017

Listiawan, T., Hayuningrat, S., & Anwar, M. K, “Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang,” JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 8(2), 1-10, August.2022

Murfi, M. S., & Rukun, K, “Pengembangan rancangan media pembelajaran augmented reality perangkat jaringan komputer,” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), 69-76, Feb. 2020

Kurnianto, R., & Yuniarti, N, “Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Sensor Berbasis Augmented Reality Platform Android Untuk Siswa Smk,” Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 8(7), 661-671, Nov. 2018

Anggara, Y. N., & Irmawati, D, “Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Elektronika Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Di Smkn 2 Depok,” E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika), 5(3), 61-66, 2016

Wahyudi, U. M. W., Wibawanto, H., & Hardyanto, W, “Pengembangan Media Edukatif Berbasis Augmented Reality untuk Desain Interior dan Eksterior,” Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 39-48, 2017

Febrianti, R, “Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada kompetensi dasar memahami rangkaian multiplexer, decoder, flip-flop dan counter kelas X SMK Negeri 2 Surabaya,” IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 1(01), 2016.

Muflihawati, S., & Subekti, M, “Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Katup Pneumatik Berbasis Augmented Reality Dengan Sistem Android di SMK Bunda Kandung Jakarta,” Journal of Electrical Vocational Education and Technology, 4(1), 52-57, 2019.

Hamzah, S., & Kurniadi, D, “Pengembangan Media Pembelajaran Perangkat Keras Jaringan Berbasis Augmented Reality Pada Platform Android,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(3), 146-157, Sept. 2019.

Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R, “Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa,” Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59-73, 2020.

Herniawan, M., & Vivianti, V, “Multimedia Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Pengenalan Kamera Dan Teknik Fotografi. Jurnal Edukasi Elektro, 6(1), 49-57, May 2022.

Prayuda, R., & Eliza, F, “Pengembangan Media Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Augmented Reality di SMK,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 147-151, Dec. 2020.


Article Metrics

 Abstract Views : 761 times
 PDF Downloaded : 421 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.