Abstract


Pendidikan Kejuruan merupakan lembaga pendidikan yang fokus mendidik peserta didik agar memiliki tingkat keahlian yang dapat diakui di Dunia Industri. Perkembangan teknologi telah mengubah pola pembelajaran dalam dunia pendidikan terutama dalam penggunaan media pembelajaran seperti penggunaan Media Augmented Reality (AR). Media Augmented Reality memiliki berbagai model untuk setiap kebutuhan, namun secara keseluruhan media ditampilkan dalam bentuk teks, gambar audio pengguna dan objek 3 dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Validitas dan Respon Pengguna terhadap Media Pembelajaran Augmented Reality di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan metode studi literatur. Hasil penelitian berdasarkan studi literatur membuktikan bahwa validitas penggunaan media augmented reality untuk pendidikan kejuruan sebesar 85,29%. Dan hasil penelitian respon pengguna sebesar 83,81%. Berdasarkan pemaparan validitas dan respon pengguna, penggunaan media augmented reality pada pendidikan kejuruan tergolong valid dan efektif..


Keywords


Media Pembelajaran, Augmented Reality, Studi Literatur