Jobsheet Praktikum Programmable Logic Control Berbasis Proyek

Dalfi Dalfi(1), Usmeldi Usmeldi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.118357

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan jobsheet praktikum Programmable Logic Control (PLC) berbasis proyek sebagai salah satu media pembelajaran praktikum di laboratorium Otomasi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model Four-D yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, development, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan penyebaran angket kepada responden yang merupakan mahasiswa jurusan Teknik Elektro yang telah pernah melakukan praktikum PLC di laboratorium Otomasi Industri. Tahap selanjutnya dilakukan design jobsheet berbasis proyek sesuai Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah praktikum PLC. Pada tahap development dilakukan uji validitas dengan melibatkan para ahli di bidang materi, ahli bidang media pembelajaran dan ahli bidang bahasa. Dilanjutkan dengan uji praktikalitas dan uji efektivitas terhadap jobsheet praktikum PLC berbasis proyek. Tahap disseminate dilakukan penyebaran jobsheet pada mahasiswa di lingkungan jurusan Teknik Elektro FT UNP. Instrumen untuk mengukur validitas dan praktikalitas menggunakan angket. Sedangkan untuk mengukur efektivitas digunakan tes. Analisis data validitas menggunakan analisis Aikens, analisis data praktikalitas menggunakan statistik deskriptif sedangkan analisis data efektivitas menggunakan N gain score untuk mengukur peningkatan hasil belajar dan persentase ketuntasan klasikal untuk mengukur ketuntasan hasil belajar. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa jobsheet praktikum PLC berbasis proyek dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran praktikum bagi mahasiswa di laboratorium.


Keywords


Jobsheet, PLC, Project Based Learning

References


C. F. Hadi, B. Suprianto, and A. B. Santosa, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Operasi Berbasis Project Based Learning Untuk Sekolah Menengah Kejuruan,” CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 3, no. 2, p. 103, 2019.

R. Intannia and Usmeldi, “Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan …, vol. 06, no. 02, pp. 279–284, 2020.

Z. Lubis and Habibullah, “Pengembangan Modul Pembelajaran Operasi Dasar PLC Berbasis Masalah untuk Sekolah Menengah Kejuruan,” Jtev (Jurnal Tek. Elektro Danvokasional), vol. 06, no. 02, pp. 442–448, 2020.

R. Tambunan, “Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Dalam Bentuk Deskripsi Melalui Pembelajaran Berbasis Project Pada Kelas VII SMP Negeri Rengat Barat,” J. Ilm. Pendidik. Hum., vol. IV, no. 6, pp. 722–730, 2018.

A. Jamlean and M. Tobi, “Implementasi Penggunaan Modul Praktek PLC CP1E Pada Pelajaran Produktif Kompetensi Pengontrolan Motor Listrik Pada Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 3 Sorong Provinsi Papua Barat,” Electro Luceat, vol. 6, no. 2, pp. 379–388, 2020.

E. Permata, M. Fatkhurrokhman, and D. F. Putri, “Penerapan Trainer PLC Omron CP1E Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektronik di SMKN 4 Kota Serang,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 7, no. 2, pp. 151–159, 2021.

S. Diryanti, R. P. Simanjuntak, and A. Panjaitan, “Rancangan Alat Peraga Tunnel dan Roda Garbarata Menggunakan Programmale Logic Controller (PLC) Sebagai Media Pembelajaran di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan,” J. Ilm. Res. Sains, vol. 5, no. 1, 2019.

F. Eliza, “Pelatihan Software Engineering PLC ( Programmable Logic Controller ) dan HMI ( Human Machine Interface ) di SMKN 1 SUTERA,” Suluah Bendang Jurna; Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 21, no. 1, pp. 65–73, 2021.

Winarlis and Hassanuddin, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Project Based Learning Untuk Menfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pekanbaru,” Juring (Journal Res. Math. Learn., vol. 2, no. 4, pp. 297–304, 2019.

C. Dewi, D. T. P. Yanto, and H. Hastuti, “the Development of Power Electronics Training Kits for Electrical Engineering Students: a Validity Test Analysis,” J. Pendidik. Teknol. Kejuru., vol. 3, no. 2, pp. 114–120, 2020.

Isnaniah, "Peningkatan Kreativitas dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Perkuliahan Media Pembelajaran Matematika". Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 83. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3549, 2017.

Atmaka, S. S. D, "Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pengapian Elektronik Kelas XI Keterampilan Di Man Temanggung Semester Genap 2018 /2019". Jurnal Syntax Transformation, 1(2). Retrieved from http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/21, 2020.

Aini, Q., Lesmono, A. D., & Wahyuni, S, "Hasil Belajar, Minat dan Kreativitas Siswa Sma Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Project Based Learning dengan Memanfaatkan Bahan Bekas". Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7218, 2018.

Albana, L. F. A. N. F, "Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Sumber Belajar Siswa SMK". SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6623, 2020.

Riza, M., & Susilaningsih, E, "Kajian Project Based Learning ( PjBL ) pada Kondisi Sebelum dan pada saat Pandemi Covid-19 Berlangsung". Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 236–241, 2020.

Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K, "Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi COVID-19". Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111, 2020.

Kumalasari, D., Milama, B., & Bahriah, E. S., "Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Koloid". JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1), 22–29. https://doi.org/10.21009/jrpk.071.04, 2017.

Assalma, N. E., Rahayu, E. S., & Iswari, R. S, "Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Berwawasan Salingtemas". Unnes Journal of Biology Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jbe.v2i1.2613, 2013.


Article Metrics

 Abstract Views : 442 times
 PDF Downloaded : 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.