Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan jobsheet praktikum Programmable Logic Control (PLC) berbasis proyek sebagai salah satu media pembelajaran praktikum di laboratorium Otomasi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model Four-D yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, development, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan penyebaran angket kepada responden yang merupakan mahasiswa jurusan Teknik Elektro yang telah pernah melakukan praktikum PLC di laboratorium Otomasi Industri. Tahap selanjutnya dilakukan design jobsheet berbasis proyek sesuai Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah praktikum PLC. Pada tahap development dilakukan uji validitas dengan melibatkan para ahli di bidang materi, ahli bidang media pembelajaran dan ahli bidang bahasa. Dilanjutkan dengan uji praktikalitas dan uji efektivitas terhadap jobsheet praktikum PLC berbasis proyek. Tahap disseminate dilakukan penyebaran jobsheet pada mahasiswa di lingkungan jurusan Teknik Elektro FT UNP. Instrumen untuk mengukur validitas dan praktikalitas menggunakan angket. Sedangkan untuk mengukur efektivitas digunakan tes. Analisis data validitas menggunakan analisis Aikens, analisis data praktikalitas menggunakan statistik deskriptif sedangkan analisis data efektivitas menggunakan N gain score untuk mengukur peningkatan hasil belajar dan persentase ketuntasan klasikal untuk mengukur ketuntasan hasil belajar. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa jobsheet praktikum PLC berbasis proyek dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran praktikum bagi mahasiswa di laboratorium.


Keywords


Jobsheet, PLC, Project Based Learning